Press "Enter" to skip to content

Kamera Sebesar Garam

Sebuah tim ilmuwan telah menciptakan kamera kecil yang bisa disuntikkan ke dalam tubuh melalui jarum suntik.

Sebuah tim dari Universitas Stuttgart mengatakan perangkat tersebut hanya membutuhkan beberapa jam dalam proses desain, memproduksi, dan melakukan testnya.

Mereka menggunakan teknologi pencetakan 3D. Lensa kamera yang dihasilkan berukuran hanya 100 mikrometer – atau 0,1 milimeter. Lebarnya sekitar ukuran yang sama seperti butiran garam, tetapi masih dapat fokus pada jarak 3 mm.

Karena kamera ini sangat kecil, benda tersebut bisa dipasang ke kepala jarum suntik dan disuntikkan ke organ tubuh manusia, bahkan ke otak sekalipun, kata para ilmuwan.

“Mungkin sebagai spy cam yang sangat kecil atau untuk melengkapi teknologi lain, seperti robot dengan visi dari mereka sendiri,” kata seorang profesor dari Universitas Stuttgart, Harald Giessen.

Selain itu juga memungkinkan untuk melengkapi drone ukuran lebah dengan kamera atau mungkin memberikan smartphone anda dengan sistem kamera surround 360 derajat.

Para peneliti mengatakan benda tersebut bisa digunakan sebagai alat endoskop yang seperti selang elastis dengan lampu dan kamera optik di ujungnya, fungsinya bisa untuk menjelajahi tubuh manusia dalam pemeriksaan medis.

Tim yang dipimpin oleh mahasiswa PhD Timo Gissibl dan Simon Thiele, mengatakan bahwa proses merancang dan manufaktur lensa kecil sebenarnya hanya butuh beberapa jam.
Meskipun seperti itu, untuk melakukannya pasti terdapat hambatan regulasi, oleh karena itu tes akan perlu diselesaikan.

AHGIA NOLA

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: