Press "Enter" to skip to content

Ini Dia Pemecah Rekor Bilangan Prima Terbesar Sedunia

Bilangan prima terbesar mana yang bisa kamu temukan? Baru-baru ini rekor bilangan prima terbesar di dunia dipecahkan oleh sebuah bilangan prima yang memiliki 23.249.425 digit.

Dilansir dari sciencenews.org, bilangan ini ditemukan dengan menggandakan angka 2 sebanyak 77.232.917 kali kemudian dikurang 1. Diumumkan pada 3 Januari lalu, bilangan prima ini memiliki digit 1 juta lebih banyak dibanding bilangan prima pemecah rekor sebelumnya.

Kamu masih ingat arti bilangan prima? Bilangan prima adalah bilangan yang tidak bisa dibagi 1 dan bilangan itu sendiri. Kalau kamu mulai menghitung mulai 1, bilangan prima relatif lebih sering muncul. Tapi begitu angkanya membesar, bilangan prima makin jarang muncul.

Adalah Jonathan Pace, seorang ahli teknik elektro di Germantown, Tennesse, yang menemukan bilangan itu menggunakan software yang dibuat oleh Great Internet Mersenne Prime Search (GIMPS). GIMPS adalah proyek sukarela yang mencari bilangan prima Mersenne, yang ditemukan dengan menggandakan angka 2 dengan dirinya sendiri berkali-kali dan mengurangi 1.

“Bilangan prima ini lebih mudah ditemukan ketimbang tipe lainnya,” tutur Pace. Karena komputer tidak perlu menghitung pembagi angka untuk menentukan apakah itu bilangan prima atau tidak.

Pace mulai menghitung bilangan prima sejak 14 tahun lalu, ketika ada hadiah uang tunai bagi mereka yang bisa menemukan bilangan prima dengan lebih dari 10 juta digit. Meski gagal meraih hadiah, Pace jadi ‘jatuh cinta’ pada bilangan prima sejak saat itu.

Dia menjalankan program pencari bilangan prima itu di background beberapa sistem komputer yang dikelolanya.

Kamu bisa mengunduh software pencari bilangan prima itu secara gratis di sini. Mungkin nanti kamu yang bakal memecahkan rekor bilangan prima. Asal kamu sabar saja.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: