Press "Enter" to skip to content

Tentang Deep Web dan Dark Net di Internet

Tahukah kamu bahwa dunia maya alias Internet terbagi ke dalam area ‘terang’ dan ‘gelap’? Area terang adalah area yang biasa kita akses sehari-hari. Ini adalah area yang bisa kamu akses atau cari melalui mesin pencari macam Google.

Tapi, area yang tersembunyi dari mesin pencari itulah yang disebut dengan deep web. Ada satu area lagi yang disebut area dark net. Dua konsep yang mirip tapi tak sama.

Ternyata, area ‘putih’ yang biasa kita akses itu hanya sekitar 4 persen dari total area dunia maya. Selebihnya, atau yang terbesar, adalah area gelap tadi.

Ada apa sih di dunia deep web atau dark net itu? Dalam dunia teknologi, segala aktivitas legal dan ilegal bisa dilakukan. Maka deep web dan dark net adalah areanya aktivitas ilegal.

Di situ ada dan terjadi hal-hal yang aneh dan kejahatan siber (cybercrime). Deep web dan dark net adalah rumahnya segala hal yang jahat, mulai dari penjualan obat-obatan terlarang dan senjata. Bahkan di deep web tersedia layanan penjualan informasi pribadi bagi para pelaku cyber crime.

Deep web menggunakan protokol standar seperti HTTP/HTTPS sehingga kamu dapat menemukan deep web dengan menggunakan browser macam Firefox, Chrome, Safari, dan Edge.

Bagaimana untuk bisa menembus dunia maya yang gelap itu? Kamu perlu yang namanya The Onion Router (TOR). TOR ini mulanya dipakai militer untuk menjaga pesan tetap rahasia.

Masalahnya, kalau kamu mengakses deep web atau dark net, komputermu akan terinfeksi virus. Belum lagi di sana ada banyak peretas yang bisa mencuri data kamu dan hal-hal mengerikan lainnya.

Oleh sebab itu, untuk mengakses deep web dan dark net, kamu perlu sistem operasi khusus, jangan pakai Windows sebab itu rentan dibobol. Sebagai contoh, OS Tails yang merupakan singkatan dari The Amnesic Incognito Live System.

OS ini adalah pengembangan Linux yang fokusnya pada keamanan dan kerahasiaan.

Browser untuk mengakses deep web dan dark net juga khusus. Pakailah TOR Browser. Ini peramban yang memang didesain khusus untuk dunia maya yang gelap itu. Peramban ini tidak melakukan akses langsung ke situs, melainkan lewat banyak saluran virtual.

Pakai juga VPN (Virtual Private Networks) untuk melindungi data-data kamu. Data pribadi kamu tidak akan tersebar.

Tapi ingatlah, deep web dan dark net adalah wilayah gelap tanpa aturan. Karena itu kalau kamu kurang berhati-hati atau berselancar tanpa tujuan, kamu bisa tersesat dan ‘hilang’ di sana.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: