Press "Enter" to skip to content

Cape Town Afrika Selatan Terancam Kehabisan Air Total

Kota Cape Town di Afrika Selatan sedang berhemat air luar biasa. Pemerintah meminta warga dan pendatang untuk hemat air, sebab kota itu terancam kehabisan air total pada musim kering bulan April mendatang.

Konsumsi air warga harus dikurangi dari rata-rata 87 liter menjadi 50 liter saja, mulai bulan Februari. Dengan maksimal 50 liter ini, warga masih punya cadangan air untuk minum, bisa mandi selama 2 menit, menyiram toilet sekali, sekali mencuci piring, mencuci tangan dua kali, dan satu kali masak.

“Tinggal 95 hari sebelum kita mencapai Day Zero,” tutur Wali Kota Cape Town, Patricia de Lille, pada awal pekan lalu, seperti dilansir Livescience. Day Zero adalah keadaan di mana pemerintah harus menjatah air dan tiap warga harus mengantre untuk mendapatkan hanya 25 liter air per hari.

Sebagai perbandingan, warga Amerika Serikat rata-rata menghabiskan 300-380 liter air per hari. Untuk mandi sendiri menghabiskan 136 liter. Belum termasuk untuk cuci tangan. Cuci piring saja bisa menghabiskan 23 liter per hari.

Wali Kota Cape Town mengatakan sedang mengusahakan sumber air baru, seperti melakukan daur ulang air pembuangan, proyek desalinisasi, dan melakukan pemboran air tanah. Sedang usaha penghematan air tidak bisa mencegah terjadinya Day Zero, hanya sedikit mengulur waktu.

Cape Town sedang menghadapi berturut-turut tiga masuk kekeringan yang tak biasa. Provinsi Western Cape, di mana Cape Town berada, sudah mengumumkan darurat kekeringan pada Mei 2017 lalu. Musim kekeringan ini, menurut pemerintah, adalah yang terburuk sejak 1904.

Perubahan drastis pada sistem suplai air bahkan bisa tampak dari antariksa. Pada November lalu, NASA merilis gambar yang menunjukkan seberapa banyak penurunan muka air di bendungan Theewaterskloof, sistem penyuplai air terbesar di Western Cape, hanya dalam waktu 3 tahun.

Bendungan Theewaterskloof menampung air dari Sungai Sonderend dekat Villiersdorp di Western Cape. Bendungan ini dibangun pada 1978. Fungsinya untuk irigasi, suplai air warga dan industri.

Bendungan ini adalah yang terbesar dari 6 bendungan di Western Cape. Theewaterskloof mampu menampung lebih dari 480 juta liter air.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: