Press "Enter" to skip to content

Gempa Kembali Landa Banten, di Aceh Menyusul

Tak sampai setengah jam, dua gempa bumi terjadi siang ini, Rabu (24/1/2018). Keduanya sama-sama bermagnitudo 5,1 SR.

Dilansir dari situs Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Gempa pertama terjadi pada pukul 13.32 WIB di koordinat -7,19 – 106,07, tak jauh dari titik gempa kemarin. Kali ini di posisi 72 km baratdaya Lebak, Banten. Kedalamannya 42 km.

Sedang gempa kedua terjadi jauh di Simeulue, Aceh, pada pukul 13.57 WIB. Lokasinya di koordinat 2,62 – 95,41. Pada kedalaman 11 km.

Kedua gempa ini, meski terjadi di bawah samudera, tidak menimbulkan tsunami sebab tidak menyebabkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadinya ombak tsunami.

Sementara gempa bumi berkekuatan 6,1 SR kemarin telah menyebabkan kerusakan dan korban terluka di daerah-daerah yang terdampak. Setelah gempa yang terjadi pukul 13.34 WIB itu, masih terjadi 20 gempa susulan berkekuatan 2,5-4,9 SR.

Tapi jelas tidak sebesar kabar palsu yang beredar kemarin malam, bahwa bakal terjadi gempa susulan berkekuatan 7,5 SR pada pukul 22.30 WIB.

Kamu perlu tahu bahwa sampai saat ini belum ada teknologi buatan manusia yang bisa memprediksi dengan tepat kapan, di mana, dan berapa kekuatan, terjadinya gempa bumi.

Jadi, kalau sampai ada yang mengirimkan pesan berantai dengan konten seperti itu, sudah pasti itu hoax atau berita palsu.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: