Press "Enter" to skip to content

Tips Menghindari Bahaya Saat Terjadi Gempa

Kemarin Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan sekitarnya diguncang gempa berkekuatan 6,1 SR. Hari ini, Rabu (24/1/2018) dua gempa berkekuatan lebih kecil terjadi di sekitar Banten dan Pulau Simeulue, Aceh.

Dalam situasi gempa bumi seperti itu, kamu perlu mengembangkan sikap tenang, tidak panik. Berikutnya, kamu bisa menerapkan tips dan langkah-langkah berikut, supaya kamu aman dan terhindar dari bahaya. Tips ini berasal dari Palang Merah Indonesia (PMI).

1. Jika berada di dalam rumah
Berusahalah menyelamatkan diri dan menyelamatkan keluarga kamu. Berlindunglah di bawah meja agar tubuh tidak terkena benda-benda yang berjatuhan. Lindungi kepalamu dengan apa saja, misalnya bantal, papan, atau kedua tangan dengan posisi telungkup.

2. Jika berada di luar rumah
Merunduk dan lindungilah kepala kamu, lalu bergeraklah menjauh dari gedung dan tiang, menuju daerah terbuka. Jangan melakukan tindakan apapun, tunggulah sampai keadaan benar-benar tenang karena setelah gempa pertama biasanya ada gempa susulan.

3. Jika berada di pusat perbelanjaan atau di tempat umum lainnya
Usahakan untuk tetap tenang, biasanya kerumunan orang dalam bencana berpotensi kepanikan. Ikuti petunjuk dari satpam (satuan pengamanan) atau petugas penyelamat. Jangan menggunakan lift ketika terjadi gempa atau kebakaran namun gunakanlah tangga darurat, lalu bergeraklah ke tempat terbuka.

4. Jika berada di dalam kendaraan
Berpeganganlah dengan erat pada tiang atau apapun di dekat kamu sehingga tidak terjatuh dari guncangan atau jika kendaraan berhenti secara mendadak. Tetaplah tenang dan ikuti perintah atau petunjuk dari petugas di sekitar, jika ada. Jika kamu penumpang, mintalah pengemudi untuk menghentikan kendaraan. Setelah itu bergeraklah ke tempat yang terbuka.

5. Jika berada di gunung atau pantai
Gempa dapat menimbulkan longsor di gunung atau perbukitan. Jika kamu berada di pegunungan, bergeraklah ke tempat yang aman seperti lapangan terbuka yang jauh dari daerah lereng. Gempa di bawah laut bisa menimbulkan gelombang tsunami, jika gempa itu terjadi, bergeraklah ke dataran yang lebih tinggi.

Sekali lagi, yang penting bersikap tenang ya. Jangan panik. Lalu bergeraklah dengan tangkas tapi penuh kehati-hatian.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: