Press "Enter" to skip to content

Pohon Jati Hasil Mutasi Genetik, Dipanen Lebih Cepat

Kalau pohon jati (Tectona grandis) dimutasi radiasi sinar gamma, yang pasti tidak akan berubah jadi pohon ’Hulk’. Tetapi berubah menjadi jenis pohon jati yang lebih cepat tumbuhnya, sehingga lebih cepat dipanen.

Ituah jati platinum, hasil rekayasa genetika dari mutasi sinar gamma yang diteliti oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). LIPI bekerjasama dengan BATAN.

Batang jati platinum itu bisa mencapai diameter 30 centimeter hanya dalam waktu lima tahun, sehingga bisa dipanen sebagai veneer untuk bahan bangunan. Agar mutunya seragam, jati ini diperbanyak dengan kultur jaringan.

Kamu tahu, biasanya jati membutuhkan waktu 10-15 tahun untuk layak diambil kayunya menjadi kusen. Tapi jati platinum hanya 5 tahun saja. Jati ini cepat berbunga dan berhenti tumbuh secara vegetatif, dan diameter pohonnya membesar secara cepat.

Jati platinum bisa tumbuh sampai 5-6 meter, lalu bertunas ke samping sehingga kualitas kayunya menjadi baik. Pada usia 5 tahun, tinggi 5-6 meter, pohon jati ini sudah siap dipanen.

Penanaman jati platinum memberikan keuntungan karena dengan bibit seharga Rp10.000, dalam 5-10 tahun akan menjadi tanaman dengan diameter 30 cm setinggi 6 meter atau berarti didapat volume 0,42 meter kubik. Semisal dengan harga jati di pasaran sampai Rp 20 juta per meter kubik, potensi penghasilan bisa berlipat-lipat.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: