Press "Enter" to skip to content

Wilder Penfield, Google Doodle, dan Kisah Epilepsi

Hari ini, Jumat (26/1), Google Doodle menampilkan sosok Wilder Penfield sebagai peringatan ulang tahun ke-127 tokoh itu. Siapa dia?

Catatan Portal Sains, Wilder Penfield adalah seorang ahli dan dokter syaraf yang berhasil menemukan metode penanganan pasien epilepsi dengan efektif. Disebut pula Prosedur Montreal.

Penfield, yang kemudian dijuluki “Orang Kanada Terhebat yang Pernah Hidup”, menemukan Prosedur Montreal tersebut bersama koleganya Herbert Jasper pada 1950.

Saat bekerja sebagai ahli syaraf di Institut Ilmu Syaraf Montreal di Universitas McGill, Penfield punya seorang pasien perempuan yang mengaku mencium roti bakar gosong sebelum kejang.

Penfield kemudian menyadari bahwa dia bisa menggunakan aroma halusinasi itu untuk mencari bagian otak yang menyebabkan kejang dan menghentikannya.

Saat pasiennya tetap sadar, tapi diberikan pembiusan lokal, Penfield menggunakan elektroda untuk merangsang bagian otak, bertanya apa yang dirasakan pasien, melihat, mendengar, dan mencium aroma.

Saat dia menyatakan, “Saya mencium roti bakar gosong!” Penfield menyatakan bahwa dia sudah menemukan pusat epilepsinya. Dia mengeluarkan secuil jaringan otak yang dimaksud dan perempuan itu tak pernah kejang lagi.

Temuan Penfield ini juga telah berhasil memetakan sensor-sensor di otak. Kanada pun memimpin dalam bidang ilmu syaraf pasca perang dunia. Karya Penfield juga membuat kita makin mengerti fenomena macam halusinasi, ilusi, dan deja vu.

Penfield yang wafat pada 1976 sebetulnya lahir di Spokane, Washington, Amerika Serikat, pada 1891. Dia tumbuh di Hudson, Winconsin, sebelum kuliah di Princeton dan meraih beasiswa Rhodes ke Merton College, Oxford, pada 1915.

Dia sempat ikut perang di Perang Dunia I, tapi terluka saat SS Sussex ditembak torpedo. Akhirnya Penfield kembali ke AS, menikahi Helen Kermott, dan melanjutkan studinya di Fakultas Kedokteran Johns Hopkins.

Dia pindah ke Kanada dan mengajar di Universitas McGill dan Royal Victoria Hospital sebelum menjadi Direktur di Montreal Neurological Institute. Tahun 1934 dia mendapat kewarganegaraan Kanada.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: