Press "Enter" to skip to content

Enam Mesin Sederhana yang Sangat Menolong Manusia

Di sepanjang sejarah, manusia sudah mengembangkan berbagai peralatan atau mesin sederhana untuk memudahkan pekerjaannya.

Setidaknya ada enam macam mesin sederhana yang dikembangkan manusia untuk memudahkan pekerjaan, yaitu:

1. roda dan as roda
Roda adalah salah satu penemuan paling penting dalam sejarah manusia. Sebelum ditemukan pada 3.500 Sebelum Masehi, manusia selalu kesulitan dalam memindahkan barang-barang di darat. Dengan roda, manusia bisa membawa barang-barang ke dan dari pasar, dan meringankan beban saat perjalanan jauh.

Roda mengurangi friksi atau gesekan saat sebuah benda digeser di atas sebuah permukaan. Pada bentuk awal, saat orang memindahkan benda-benda yang berat, digunakan kayu bulat yang dipindah-pindahkan saat benda dipindahkan. Itulah pengembangan awal roda.

Berikutnya adalah penemuan as roda, di mana roda disatukan ke sumbu menggunakan bearing sehingga bisa berputar bebas di sumbu itu. Penemuan teknologi roda dan as roda ini adalah pada 3200 SM oleh bangsa Sumeria. Sedang bangsa China mengembangan roda dan sumbunya pada 2.800 SM.

2. tuas
Archimedes, filsuf Yunani, pernah berkata: “Berikan sebuah tuas dan sebuah tempat untuk berdiri, dan saya akan memindahkan dunia.” Apa yang disebut itu sebetulnya bicara betapa luar biasanya kekuatan yang bisa dihasilkan melalui tuas. Dengan tuas, kita bisa melakukan pertukaran antara kekuatan dan jarak. Magnitudo berada dalam keseimbangan pada jarak yang secara timbal balik sebanding dengan bobotnya.

Tuas itu terdiri dari balok panjang dan titik tumpu, atau poros. Keuntungan mekanis dari tuas tergantung pada rasio panjang balok di kedua sisi titik tumpu.

3. bidang miring
Bidang miring adalah permukaan datar yang terangkat pada suatu sudut, seperti jalan. Bidang miring adalah cara untuk mengangkat beban yang terlalu berat untuk diangkat lurus ke atas. Sudut (kecuraman bidang miring) menentukan berapa banyak usaha yang dibutuhkan untuk menaikkan benda berat itu. Semakin curam jalannya, semakin banyak usaha yang dibutuhkan.

4. katrol
Jika kita ingin mengangkat benda berbobot tertentu, kita bisa menggunakan katrol. Ini merupakan pesawat sederhana berupa roda yang dililit rantai atau tali. Kegunaan katrol untuk mengangkut beban atau menarik suatu benda. Ada tiga macam katrol: katrol tetap, katrol ganda, dan katrol bergerak.

5. sekrup
Sekrup adalah bidang miring panjang yang melilit poros, sehingga keuntungan mekanisnya dapat didekati dengan cara yang sama seperti garis miring. Ia disebut juga pengikat berulir. Sekrup harus selalu diputar untuk merakit sambungan.

6. baji
Baji adalah suatu pesawat sederhana, secara teknis terdiri dari dua bidang miring, yang digunakan untuk memisahkan dua objek, atau bagian-bagian objek, dengan penerapan gaya tegak lurus terhadap permukaan miring, yang dihasilkan oleh pengubahan gaya yang diberikan pada bagian ujung yang lebar. Keuntungan mekanis baji tergantung pada rasio panjang terhadap tebal. Baji pendek dengan sudut lebar membutuhkan gaya yang lebih besar daripada baji panjang dengan sudut yang lebih kecil. Prinsip baji ada pada kapak, kuku, dan gigi.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: