Press "Enter" to skip to content

Wow, Bakal Ada Sinyal 4G di Bulan

Seandainya suatu hari kamu berkesempatan ke Bulan, kamu sudah bisa menghubungi rumah dengan ponselmu. Pada tahun depan, direncanakan bakal ada jaringan selular 4G di Bulan, berkat perangkat kecil bernama Ultra Compact Network.

Dilansir dari Reuters.com, perangkat seukuran kemasan gula berbobot satu kilogram bakal dikirimkan ke Bulan pada tahun depan. Jaringannya nanti akan mendukung streaming video high-definition dan transfer data, dari Bumi ke Bulan dan sebaliknya.

Ultra Compact Network adalah bagian dari proyek Mission to the Moon, sebuah misi berbayar pertama kali, 50 tahun setelah misi pertama manusia ke Bulan. Di balik proyek ini ada salah satunya PTScientists, sebuah perusahaan yang berbasis di Berlin, Jerman.

“Saat manusia hendak meninggalkan Bumi, kita perlu membangun infrastruktur di luar planet kita ini,” kata Robert Böhme, CEO dan pendiri PTScientists, di ajang World Mobile Congress di Barcelona, seperti dikabarkan Reuters.com.

PTScientists bekerjasama dengan Vodaphone Germany dan Audi dalam proyek Mission to the Moon. Vodaphone telah mengumumkan bahwa Nokia akan membantu menciptakan Ultra Compact Network yang dirancang untuk dioperasikan di antariksa.

Jaringan ini akan memungkinkan dua penjelajah Bulan, Audi, berkomunikasi dengan Bumi saat mereka mengeksplorasi kendaraan penjelajah Bulan milik Apollo 17 NASA. Kendaraan ini dipakai oleh astronaut saat melakukan perjalanan di Bulan pada Desember 1972.

Misi 4G di Bulan ini rencananya diluncurkan dari Cape Canaveral dengan roket Falcon 9 buatan SpaceX pada 2019. “Dengan Mission to the Moon, kami akan mendirikan dan mengetes elemen pertama jaringan komunikasi yang didedikasikan untuk Bulan,” kata Böhme.

Mengapa 4G di Bulan? Kata Böhme, sebab Long Term Evolution (LTE) selaku standar jaringan 4G, sangat hemat energi. “Makin sedikit kita pakai energi untuk mengirimkan data, makin banyak yang bisa kita lakukan untuk ilmu pengetahuan,” tuturnya.

“Proyek ini merupakan pendekatan inovatif yang radikal bagi pengembangan infrastruktur jaringan mobile,” tutur Chief Executive Vodafone Germany, Hannes Ametsreiter.

Di dunia telekomunikasi sendiri bakal ada teknologi jaringan baru yaitu 5G. Tapi teknologi ini masih dalam tahap uji coba dan kemungkinan belum stabil jika dioperasikan di permukaan Bulan.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: