Press "Enter" to skip to content

6 Cara Santai Isi Weekend dan Berguna di Dunia Maya

Internet memang sudah menjadi bagian hidup yang integral bagi banyak orang pada zaman sekarang. Tapi apakah semua aktivitas yang kita lakukan di Internet menghasilkan manfaat? Tidak semua.

Berapa banyak waktu yang kita habiskan untuk sekadar update status, atau ke sana kemari tak jelas arahnya? Padahal ada banyak lho aktivitas di dunia maya yang membuatmu jadi orang berguna bagi komunitas.

Di sini kami sarikan 6 aktivitas bermanfaat yang bisa kamu lakukan di Internet, khususnya saat santai di akhir pekan, seperti dikutip dari Popular Science baru-baru ini:

Pertama, ngedit Wikipedia

Wikipedia adalah ensiklopedia online yang kontennya digarap bareng oleh publik, termasuk kamu. Siapapun bisa mengedit Wikipedia. Ketika kamu membaca atau mengetahui informasi yang menarik, kontribusikanlah di sana aupaya bisa dibaca banyak orang dan jadi manfaat.

Kedua, tes software Beta

Sebelum software dirilis ke publik, biasanya mereka merilis dulu versi beta untuk diuji oleh publik untuk mencari tahu apakah ada masalah, apakah ada bug, atau ingin menguji user experience. Kamu juga bisa ikut serta untuk mencoba mencari tahu apa yang menarik dan apa yang kurang dari software itu. Tak usah kuatir, kamu enggak perlu punya kemampuan coding. Masukan kamu akan dihargai oleh si pembuat software.

Ketiga, review pembelian onlinemu

Review akan membantu orang lain saat hendak melakukan pembelian online. Banyak orang yang menulis review mengenai produk yang mereka beli atau tempat yang baru mereka kunjungi. Review juga membantu pemilik toko online atau tempat itu untuk mendapatkan audiens yang lebih besar.

Keempat, promosikan aksi sosial

Kalau kamu meyakini sebuah aksi sosial atau donasi untuk hal yang baik, tak ada aalahnya mempromosikan hal itu juga supaya lebih banyak orang yang tahu. Atau setidaknya beri likes dan follow mereka di media sosial.

Kelima, jadi relawan virtual

Tak sekadar menyebarkan atau mengirim likes, kamu juga bisa jadi sukarelawan virtual. Kamu pakai waktumu untuk berkontribusi pada aksi sosial yang kamu suka. Misalnya membantu input data, mengelola database, menciptakan konten seperti tulisan di blog atau video di YouTube.

.

Keenam, berkontribusi di Google Maps

Kamu bisa membantu para traveller di luar sana saat mereka memasuki daerah yang belum dikenalnya. Kamu bisa mengirimkan foto dan review mengenai lokasi yang baru kamu kunjungi di Google Maps. Kamu juga bisa menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan user lain. Untuk memulai, klik satu tempat di Google Maps dan satu kartu informasi akan muncul. Kamu bisa pilih beberapa aksi, seperti menjawab pertanyaan, mengubah alamat, memberi rating dan review, serta input foto. Sebagai imbal balik, Google akan memberimu poin.

Selamat berakhir pekan dan jadi manfaat.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: