Press "Enter" to skip to content

8 Fungsi Kamera Ponsel yang Bernilai Buatmu, daripada Selfie

Fungsi kamera di ponsel cerdas kita sebetulnya bisa dioptimalkan. Alih-alih cuma buat dipakai selfie.

Setidaknya ada delapan fungsi kamera yang bernilai lho buat kita. Sebagian memang perlu aplikasi khusus.

Jadi, apa saja fungsi-fungsi yang bernilai itu?

1. Kamus berjalan

Dengan aplikasi tertentu kamu bisa pakai kameramu memotret teks bahasa asing dan menterjemahkannya ke bahasamu atau sebaliknya.

Salah satu aplikasi yang bisa kamu pakai adalah Google Translate. Setelah aplikasi terunduh, jalankan aplikasi, pilih bahasa yang hendak diterjemahkan dan ke bahasa apa. Lalu tap tombol Instant translate yang bentuknya seperti kamera itu. Arahkan kameramu ke teks yang hendak diterjemahkan, misalnya menu restoran, rambu lalu lintas, dan sebagainya. Lalu tunggulah sampai terjemahannya muncul.

2. Mengeksplorasi angkasa

Merekam langit yang jernih penuh bintang adalah seperti mimpi, lantaran polusi cahaya yang besar di perkotaan. Tapi dengan kamera ponsel kita bisa merasakan pengalaman yang berbeda dengan mengidentifikasi titik-titik di langit. Dengan aplikasi yang tepat, kamera ponsel akan menjadi pemandu bintang. Arahkan ke langit dan dengan munculnya visual yang melapisi tampilan kamera, kita bisa tahu apakah kita sedang melihat Stasiun Antariksa Internasional atau bintang Polaris, misalnya.

Aplikasi yang bisa dicoba adalah Star Walk 2. Ia memakai informasi posisi kita dan input dari gyroscope internal kita untuk menandai konstelasi bintang, satelit yang melintas, atau objek lain. Kamu juga biaa melihat bagaimana perubahan langit dari waktu ke waktu, dan melihat konstelasi bintang dalam tampilan 3D.

3. Menambahkan augmented reality

Kalau kamu ingin melihat gambar digital menimpa tampilan kamera, ada banyak pilihan aplikasinya, sebab platform Android dan iOS sudah menanamkan augmented reality. Untuk menikmati teknologi ini, kamu bisa memakai media sosial macam

Snapchat. Setelah terinstal buka kamera dan tap di mana saja dan Snapchat akan segera menampilkan berbagai stiker. Sesuaikan angle dan tempatkan stiker dan rekam foto atau video sesuai yang kamu sukai.

Kalau ingin mencoba aplikasi lain, ada Ikea Catalog, yang dibuat perusahaan furnitur itu. Dengan aplikasi ini kamu bisa memadumadankan berbagai perabotan yang dijual di Ikea dengan ruangan di rumahmu, sebelum membeli.

4. Mendigitalisasi dokumen kertas

Kalau kamu ingin mendukung gerakan paperless demi kelestarian lingkungan, kamu bisa memanfaatkan kamera di ponselmu. Caranya simpel. Kamu bisa memotret dan menyimpan dokumen-dokumen itu di storage pribadi atau di cloud. Atau manfaatkan juga aplikasi penyimpanan di mana kamu bisa menyimpan dan menyunting dokumen macam Google Drive dan Dropbox.

5. Mencari Informasi

Google Photos kini punya fitur bernama Google Lens, yang baru tersedia untuk platform Android. Dengan fitur ini kamu bisa memotret apa saja dan mendapatkan informasi tentangnya. Caranya, buka foto-foto yang ada di koleksi Google Photos dan pencet tombol Google Lens yang berbentuk seperti kamera di bawah layar. Google akan mengenali objek di foto, apakah itu sebuah landmark, jenis bunga, dan sebagainya dan memberikan informasinya kepadamu.

6. Mengakses website

Sejumlah website memakai fitur kode QR, biasanya ada di menu, poster, brosur dan sebagainya. Dengan mengarahkan kameramu ke kode itu, kamu bisa langsung diarahkan ke website di balik kode QR tadi.

Kalau kamu pakai iPhone, tinggal arahkan kamera dan kamu bisa menemukan informasi di balik kode QR tadi. Sedang pemakai Android, pakailah fitur Google Lens, seperti yang sudah dijabarkan di poin sebelumnya.

7. Kamera pengawas

Kamera ponselmu bisa jadi kamera keamanan untuk mengawasi properti, hewan peliharaan, dan anak-anak.

Aplikasi yang bisa kamu coba adalah Manything. Dengan aplikasi ini kamu bisa melakukan live streaming dari jauh. Kalau ada gerakan mencurigakan, aplikasi akan mengirimkan tanda peringatan. Kalau kamu memilih paket berlangganan yang berbayar, akan ditambahkan storage di cloud dan pemasangan lebih dari satu kamera.

Kalau ingin mengawasi bayi, pakailah aplikasi Dormi atau Cloud Baby Monitor. Kalau bayi menangis, kamu bisa mendengar suaranya, atau aplikasi akan mengirimkan peringatan kalau ada gerakan. Kamu juga bisa mengirimkan suara supaya didengar bayi.

8. Suplemen ingatanmu

Gunakan kamera ponsel untuk mengingat informasi-informasi yang kamu butuhkan. Seperti, memotret password WiFi di rumah temanmu, atau merekam susunan kabel di perangkat elektronik, nomor penting di hotel tempatmu menginap di luar kota, dan sebagainya. Lebih mudah ketimbang harus menginstal aplikasi tertentu.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: