Press "Enter" to skip to content

Jangan Lupa, 18 April Daftarkan Dirimu Ikut SBMPTN 2018

Salah satu jalur penerimaan masuk perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Ini adalah seleksi berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) atau Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) atau kombinasi hasil ujian tulis dan ujian keterampilan.

SBMPTN tahun 2018 dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2016, 2017, dan 2018 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK) dan sederajat, serta lulusan Paket C tahun 2016, 2017, dan 2018. Selain mengikuti UTBC atau UTBK, peserta yang memilih program studi Ilmu Seni dan/atau Keolahragaan diwajibkan mengikuti ujian keterampilan (UK).

Adapun persyaratan mengikuti SBMPTN 2018 adalah kamu adalah lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2016 dan 2017 harus memiliki ijazah. Sedang lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat atau Paket C tahun 2018 minimal harus memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL), yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi cap/stempel yang sah.

Kalau kamu hendak mendapat, prosedurnya:

Pertama pendaftaran SBMPTN 2018 dilakukan secara online. Tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id.

Kedua, tata cara pengisian borang pendaftaran ujian tulis dan keterampilan dapat diunduh (download) dari laman http://download.sbmptn.ac.id mulai tanggal 29 Maret 2018.

Ketiga, pendaftaran online UTBC dan UTBK mulai tanggal 5 April 2018 pukul 08.00 WIB dan berakhir tanggal 27 April 2018 pukul 22.00 WIB. Pendaftaran online UTBK akan ditutup apabila jumlah kuota pendaftar telah terpenuhi. Makanya kamu wajib buruan, jangan sampai terlambat.

Ujian tulis dilaksanakan dengan memilih satu dari dua metode, yaitu: Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC), dan kedua Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Untuk UTBK, kamu bisa pilih salah satu:
– UTBK menggunakan desktop yang disediakan panitia
– UTBK menggunakan perangkat bergerak (Tablet atau smartphone) berbasis Android yang dibawa sendiri oleh peserta. UTBK cara ini untuk sementara hanya bisa dilakukan di Bandung. Untuk spesifikasi perangkatmu adalah layar minimal 4,5 inci untuk ponsel dan 6,9 inci untuk tablet.

Spek lain: OS Android Kitkat, RAM minimal 1 GB untuk tablet dan 1,6 GB untuk ponsel. Resolusi layar minimal 720 x 960 Pixels untuk ponsel dan 600 x 800 untuk tablet. Perangkatmu harus memiliki memori bebas minimal 200 MB dan penyimpanan bebas minimal 100 MB. Tentu saja, harus bisa terhubung ke WiFi.

Untuk kelompok ujian tulis terbagi menjadi 3 jenis, yaitu:
1. Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian TKPA dan TKD Saintek.
2. Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian TKPA dan TKD Soshum.
3. Kelompok Ujian Campuran dengan materi ujian TKPA, TKD Saintek, dan TKD Soshum.

Setiap peserta dapat memilih kelompok ujian Saintek, Soshum, atau Campuran.

Daftar wilayah pendaftaran, program studi, daya tampung per PTN tahun 2018, dan jumlah peminat program studi per PTN tahun 2017 dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.ac.id mulai tanggal 29 Maret 2018.

Biaya seleksi yang ditanggung oleh peserta adalah Rp200 ribu. Biaya ini harus kamu bayarkan melalui salah satu bank berikut: Bank Mandiri, BNI, atau BTN. Biaya seleksi yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apa pun.

Berikut ini jadwal ujian:
Ujian Tulis (UTBC dan UTBK): Selasa, 8 Mei 2018.
Ujian Keterampilan: Rabu dan/atau Jumat, 9 dan/atau 11 Mei 2018

Pengumuman hasil seleksi dilakukan pada hari Selasa, 3 Juli 2018 mulai pukul 17.00 WIB dan dapat diakses di laman http://pengumuman.sbmptn.ac.id.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: