Press "Enter" to skip to content

10 Makhluk Aneh dari Laut Dalam Jawa

Seperti diberitakan sebelumnya, tim peneliti dari Indonesia dan Singapura menggelar penelitian kelautan bersama-sam dalam proyek ekspedisi South Java Deep Sea Biodiversity Expedition 2018 (SJADES 2018). Mereka memakai kapal penelitian milik LIPI, Baruna Jaya 8, sejak akhir Maret lalu.

Cuaca tak bersahabat sempat mengguncang di Selat Sunda. Tapi pada akhirnya, penelitian ini berhasil menyingkapkan berbagai kekayaan keanekaragaman hayati yang ada di laut dalam sekitar Pulau Jawa.

Seperti dikutip dari laporan paruh pertama riset itu di website Lee Kong Chian Natural History Museum, mereka melakukan pengumpulan sampai kedalaman lebih dari 1.600 meter. “Kami mengumpulkan banyak hewan aneh, yang belum pernah kami lihat sebelumnya,” begitu laporan mereka.

Berikut ini  10 dari sejumlah temuan mereka:

1. Cacing Cone Es Krim
Cacing laut dari kedalaman 300 meter ini bentuknya memang seperti cone es krim. Ia memiliki nama familia Pectinariidae.

2. Timun Berenang
Timun laut biasanya dikenal sebagai makhluk laut lamban. Tapi timun laut dari kedalaman 800 meter ini berbeda. Ia memiliki nama latin Pelagothuria sp. Ia tak hanya cantik dilihat, tapi juga perenang aktif yang menggunakan papillae besar di belakang mulutnya.

3. Gurita Dumbo
Gurita ini diberi nama Dumbo, sesuai karakter gajah terbang di kisah dongeng buatan Disney. Sebab ada dua sayap besar di kepalanya. Hewan berukuran 15-20 cm dari familia Opisthoteuthidae ini ditemukan di kedalaman 900 meter di lepas pantai baratdaya Jawa.

4. Cumi-cumi Bermata Ayam

Cumi-cumi aneh dari kedalaman 300 meter ini berasal dari familia Histieuthidae, berukuran sekitar 8 cm. Satu matanya lebih besar dari mata yang lain. Mata yang besar itu seperti mata ayam. Mata ayam ini menghadapi ke bawah untuk mencari makanan. Sedang mata yang kecil ke atas untuk mengawasi predator.

5. Darth Vader dari Laut

Ini adalah isopoda raksasa yang terkenal, disebut juga Bathynomus dari familia Cirolanidae. Ditemukan setidaknya dua spesies, salah satunya hampir 30 cm panjangnya. Ini adalah pemulung laut dalam yang penting tetapi yang mengejutkan adalah mereka belum tercatat secara resmi dari Indonesia sebelumnya! Hewan ini ditemukan di kedalaman 800 meter.

6. Udang darah

Udang berwarna spektakuler yang tertangkap hidup-hidup. Oplophorus gracilirostris namanya, dari familia Oplophoridae. Dia bisa menciptakan awan bioluminescent untuk membingungkan pemangsa. Dia diangkat dari kedalaman 600 meter.

7. Lobster Gergaji

Lobster aneh ini memiliki nama spesies Thaumastocheles massonktenos dari familia Thaumastochelidae. Ini adalah lobster laut dalam yang langka dengan cakar kanan yang menakutkan dengan banyak gigi tajam. Para ilmuwan menduga bahwa cakar yang tampak menakutkan bukanlah alat pembunuh, melainkan penyaring makanannya. Dia jarang ditemukan sebab suka menggali lubang yang dalam di kedalaman 500 meter.

8. Putri Salju

Lobster laut dalam yang bernama latin Munidopsis nitida dari familia Galatheidae adalah lobster jongkok yang putih. Ada juga yang menyebutnya kepiting salju putih. Ia hidup di kayu yang tenggelam, dan diyakini memakan kayu yang membusuk. Ukurannya 4 cm dan diangkat dari kedalaman 800 meter.

9. Ikan tripod ajaib

Ikan tripod dari laut dalam ini memiliki nama latin Bathypterois sp., dari familia Ignopida. Ia memiliki sirip dan filamen yang aneh untuk menyeimbangkan dirinya dan untuk membantu mendeteksi mangsa kecil yang melewatinya saat menghadapi arus. Ia memiliki mata yang tidak memiliki lensa sehingga tidak dapat fokus pada objek. Dan ikan ini adalah hermaprodit – ia jantan sekaligus betina. Ikan ini ditemukan di kedalaman 900 meter.

10. Ikan bergigi mengerikan

Ikan yang tinggal di laut dalam akan sulit mendapatkan makanan. Jadi, kalau ada mangsa, harus dipastikan tak lolos dari tangkapan. Itulah guna gigi tajam dan mengerikan dari ikan fang tooth spesies Anoplogaster cornuta dan familia Anoplogastridae ini. Ikan ini ditemukan di kedalaman 500 m.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: