Press "Enter" to skip to content

Membongkar Tawaran HUAWEI nova 2 lite, Benarkah Tak Bisa Ditolak?

Hari ini HUAWEI meluncurkan smartphone kelas menengah HUAWEI nova 2 lite, yang dibanderol Rp2,599.000. Digadang dengan fitur-fitur menarik plus tawaran yang tak bisa ditolak, lantaran ada hadiah senilai Rp1,6 juta.

Sayangnya, hadiah itu hanya berlaku untuk sekitar 3.000 pembeli pertama ponsel itu di tiga kota di Indonesia, melalui program pre-order yang mulai digelar besok sampai 4 Mei mendatang.

Terlepas dari hadiah terbatas itu, sebetulnya apa yang menarik dari smartphone penerus nova 2i ini? Pertama, yang menarik adalah fitur FullView yang dipasang pada layar 5,5 incinya. Betapa tidak, dengan fitur ini, layar 5,5 inci jadi makin lebar 12,5 persen dibandingkan smartphone berlayar sama yang lain.

Terasa sangat berbedakah? Relatiflah sifatnya. Soalnya, persentase lebar tambahannya tak terlalu signifikan. Tapi, usahanya patut dihargai.

Sebab, menurut kabar yang diterima, cukup rumit usaha engineer HUAWEI untuk menghilangkan batas-batas di pinggiran layar dan menghadirkan layar yang tampil sepenuhnya. Sehingga dari rasio aspek 16:9 yang umum bisa diperluas menjadi 18:9.

Dengan dukungan chipset dari Qualcomm, diintegrasikan dengan RAM 3GB dan antarmuka EMUI 8.0 berbasis sistem operasi Android 8.0, segala aktivitas di layar yang lebih luas itu relatif lancar.

Fitur lain yang menarik adalah dual camera di belakang, menyandingkan lensa beresolusi 13MP dan 2MP serta bukaan lebar. Teknologi dual camera memungkinkan terjadinya efek bokeh yang menarik itu.

Jadi, kamera 13MP bertugas merekam detail obyek dan kamera 2MP memberikan efek bokeh dengan tingkat bukaan hingga 7. HUAWEI nova 2 lite juga memungkinkan pengguna untuk melakukan fokus ulang setelah foto diambil dengan memilih fokus secara manual di bawah mode bukaan luas untuk memastikan fokus.

Teknologi dual camera ini cukup khas HUAWEI. Dari catatan Portal Sains, HUAWEI termasuk perintis teknologi dual camera. Perusahaan ini meriset dan mengembangkan teknologi dual camera sendiri sejak 2014. Lalu pada 2016 mereka menjalin kerjasama dengan Leica dan melahirkan produk P9.

P9 dinilai sukses di pasar, bersaing ketat dengan iPhone 7 Plus dalam hal teknologi dual camera tadi. HUAWEI kemudian merilis beberapa ponsel flagship lain dengan fitur dual camera, macam P10, Mate 9, dan Mate 10. Begitu juga pabrikan lain, macam Apple, Xiaomi, Nokia, LG, dan sebagainya.

Sedang di jajaran ponsel kelas menengah, HUAWEI pertama kali merilis dual camera di ponsel nova 2i. Lalu dilanjutkanlah ke nova 2 lite, smartphone yang sedang kita bicarakan ini. Begitulah ceritanya.

Di jajaran kelas menengah (kelas harga Rp2jutaan sampai Rp3 jutaan), fitur dual camera sendiri tampaknya makin mainstream. Selain HUAWEI, beberapa ponsel lain yang bertarung di segmen ini adalah: ASUS ZenFone Max Plus, Motorola Moto G5s Plus, Sharp R1s, Lenovo K8 Note, dan lain-lain. Ada banyak pemain di segmen ini sesungguhnya.

Lantas, apa fitur lain yang membedakan HUAWEI dengan para pesaingnya? Coba kita tengok:

1. Face Unlock dan Finger Unlock dengan tingkat presisi dan kecepatan yang tinggi.
Face Unlock didukung oleh algoritma AI Facial Recognition yang memungkinkan perangkat mendeteksi 1.024 titik di wajah manusia dan memetakan informasi tersebut secara akurat. Disebut, hanya butuh beberapa milidetik untuk membuka smartphone ini. Sedang Finger Unlock dengan Fingerprint Sensor 4.0. memungkinkan pengguna untuk membuka perangkat dalam waktu kurang dari 0,35 detik.

2. Kamera Selfie
Kamera depan beresolusi 8MP dilengkapi Selfie Toning Flash untuk menghasilkan foto selfie yang lebih terang dalam kondisi pencahayaan rendah. Sebab ia secara otomatis mendeteksi pencahayaan pada wajah subyek dan secara cerdas menyesuaikan tingkat kecerahan supaya selfie yang nampak lebih natural, memberikan pencahayaan lembut dalam kondisi cahaya rendah atau bahkan gelap. Kalau mau lebih cantik, gunakan beauty mode 10 level.

3. Baterai
HUAWEI nova 2 lite didukung oleh baterai berkapasitas 3000mAh, yang memungkinkan pengguna menonton video selama 13 jam terus-menerus atau mendengarkan musik hingga 58 jam. Tapi itu hasil uji di lab HUAWEI. Pada kenyataannya nanti, itu tergantung pada pola pemakaian penggunanya. Setidaknya, ada pula fitur Power Saving 6.0 yang memanfaatkan teknologi penghematan daya, baik untuk hardware maupun software.

4. Tiga Slot Kartu
Untuk memperluas penyimpanan, tersedia satu slot kartu MicroSD sehingga kapasitas penyimpanan bisa diperbanyak sampai 256GB. Sedang dua slot lagi untuk kartu SIM nano.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: