Press "Enter" to skip to content

Hampir 1000 Siswa SMK Ini Adu Tangkas Seni dan Olahraga

Hampir 1000 siswa SMK se Komisariat Cibadak, Jawa Barat, adu ketangkasan melalui Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N). Sedikitnya, 23 nomor cabang lomba olahraga dan enam lomba kesenian diperlombakan oleh siswa dari 27 SMK tersebut.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Barat Wilayah V, Mimin Maryati mengungkapkan, kejuaraan ini merupakan bagian dari sistem pembinaan olahraga dan seni yang bertujuan menjaring bibit atlet berbakat dalam bidang olahraga.

“Mereka nantinya dibina dan dikembangkan secara lebih terarah dan berkelanjutan. Supaya menjadi atlet andalan daerah dalam even olahraga, baik tingkat lokal, regional, maupun internasional,” katanya.

Pembukaan O2SN dan FLS2N SMK se Komisariat Cibadak dilakukan di SMK Al-Husaeniyah Jalan Salakopi, Desa Lembursawah, Kecamatan Cicantayan, pada Minggu (29/4).

Selain menjadi ajang pencarian bibit, lanjut Mimin, ajang tersebut juga diharapkan berdampak positif terhadap pembentukan karakter mulia dan kompetensi para siswa.

“Sebagai ajang silaturahmi, sharing, dan juga mengasah potensi anak. Lebih jauhnya ini merupakan kegiatan pembentukan karekter siswa agar lebih sportif, cinta sesama dan sebagainya,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, perlombaan ini merupakan wahana bagi peserta didik untuk berkreasi, berinovasi, serta menumbuhkan sikap sportif, sekaligus memotivasi peserta didik meningkatkan minat dan bakat, serta keterampilan yang dimilikinya sambil menumbuhkembangkan kemampuan dalam bersosialisasi dengan peserta lainnya.

“Harapannya melalui kegiatan ini dapat menciptakan bibit-bibit unggul atlet di Kabupaten Sukabumi,” tutupnya.

Sementara itu, panitia pelaksana O2SN dan FLS2N, Saepul Zaman menambahkan, tujuan penyelenggaraan O2SN dan FLS2N ini adalah untuk membina generasi muda menjadi manusia yang sehat jasmani dan rohani, mampu berkompetisi secara sehat, terpilihnya siswa terbaik dan berprestasi di bidang olah raga serta mempererat persahabatan antarsiswa.

“Kegiatan ini diikuti oleh 920 siswa dari 27 SMK yang ada di wilayah Kecamatan Cibadak, dan dilaksanakan tiga hari. Nantinya, siswa yang berprestasi bakal diikutsertakan ke jenjang selanjutnya,” pungkasnya.

ATEP MAULANA

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: