Press "Enter" to skip to content

Membangun Sumber Air Kehidupan di Pidie Jaya

Ribuan warga dari empat kecamatan di Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh, kini sudah bisa memanfaatkan instalasi air bersih yang dibangun Palang Merah Indonesia (PMI) dan didukung oleh TIDES dan Telkomsel.

“Ini merupakan salah satu komitmen kuat PMI dalam rangkaian program bantuan pemulihan paska gempa Pidie Jaya yang terjadi setahun silam yang masih menyisakan cerita duka khususnya bagi warga Pidie Jaya Aceh,” kata Kasubdiv Tanggap Darurat dan Pemulihan PMI Pusat, Ridwan S. Carman, kemarin.

Dalam pelaksanaan operasi pemulihan ini, selain difokuskan pada bantuan Program Transfer Tunai (PTT) pada sektor bantuan mata pencaharian (Livelihood) dan hunian (Shelter), juga ditargetkan pembanguan infrastruktur sumur bor dan instalasi air bersih yang tersebar di beberapa titik di wilayah Pidie Jaya.

“Dalam beberapa tahun terakhir pasca gempa Pidie, warga cukup kesulitan mendapatkan air bersih, dengan adanya bantuan tersebut permasalahan air bisa ditanggulangi,” kata tokoh masyarakat sekaligus penerima manfaat di desa Peulakan Cebrek Kecamatan Bandar dua, Abdul Hamid.

Menurutnya, sumur bor dan pembangunan infrastruktur air bersih ini sangat dirasakan sekali manfaatnya oleh warga. Selain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari rumah tangga, juga digunakan untuk mencukupi kebutuhan sarana umum seperti masjid dan pesantren yang lokasinya tidak jauh dari lokasi sumur bor tersebut.

Hal senada diungkapkan salah satu ibu rumah tangga, Fatimah. Dia mengungkapkan kebahagiaannya dengan adanya sumur bor dan instalasi air bersih ini. Sumur dan instalasi air itu dapat membantu ketersediaan kebutuhan air bersih sehari-hari warga setempat.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: