Press "Enter" to skip to content

Serangga Masuk Kuping Kita, Mengapa Harus Segera Dikeluarkan

Katie Holley, seorang penduduk Florida, Amerika Serikat, terpaksa dilarikan ke UGD gara-gara gangguan di kuping. Seperti dilansir Majalah Self, dokter mendapati seekor kecoak sedang menjelajahi kanal kuping perempuan itu. Setelah dibunuh, serangga itu akhirnya bisa dikeluarkan.

Namun, kasus kemasukan serangga ke dalam kuping ternyata cukup banyak terjadi. Sebuah studi yang diterbitkan oleh jurnal kedokteran Afrika Selatan pada 2006, seperti dikutip oleh Live Science, diketahui bahwa dalam periode dua tahun di Rumah Sakit Tygerberg di Cape Town, ada 23 kasus serangga masuk ke kuping orang.

Serangga itu termasuk tiga kumbang, delapan lalat, dan 10 kecoa Jerman. Juga dua kasus kutu di dalam kuping.

Pada 2014, dokter di ruang gawat darurat di Taiwan mendapati sekumpulan larva lalat buah di kuping seorang perempuan. Si korban berusia 48 tahun itu mendapat perawatan segera karena kesakitan yang dideritanya.

Kasus lain terjadi pada 2012 di Taiwan. Seorang pria mengalami gatal yang luar biasa selama dua bulan karena ada tungau di kupingnya — suatu kondisi yang cukup familiar dalam dunia medis dengan nama otoacariasis. Kasus ini dimuat di Journal of Otology pada 2016.

Serangga masuk ke dalam kuping sering terjadi saat kita tidur di luar ruangan atau bahkan di dalam rumah juga. Tapi dalam kondisi kita sedang bangun pun itu bisa saja terjadi, misalnya saat bekerja atau berada di luar ruangan.

Serangga bisa mati di dalam kuping. Tapi kadang, dia bisa tetap hidup dan mencoba mencari jalan masuk lebih jauh atau keluar. Ini akan menimbulkan gangguan bagi korban, seperti rasa sakit, iritasi, gatal, dan ketakutan.

Kalau kamu merasa ada serangga di kuping, tips ini bisa membantumu. Pertama, cobalah jaga posisi kuping menghadap ke atas dengan harapan serangga itu merangkak naik dan keluar. Kedua, bisa juga tuangkan mineral macam minyak zaitun atau baby oil ke kuping untuk mencekik si serangga dan membuatnya mengapung keluar.

Tentu, yang terpenting, segeralah ke dokter meski kamu sudah mengeluarkan serangga itu sendiri. Sebab, siapa tahu masih ada bagian tubuhnya yang tertinggal di dalam kuping dan berpotensi menyebabkan infeksi berbahaya.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: