Press "Enter" to skip to content

Kalau Hiu Pembunuh Bisa Terbunuh, Kira-Kira Apa Penyebabnya?

Hiu putih (Carcharodon carcharias) adalah predator besar yang berada di puncak rantai makanan di lautan. Jadi kalau hiu ini bisa ditemukan terdampar dan mati di pantai, timbullah pertanyaan besar, apa yang membunuhnya?

Seekor hiu putih sepanjang 2,4 meter dan bobotnya lebih dari 225 kilogram ditemukan mati di pantai di Aptos, California, Amerika Serikat, beberapa hari lalu. Begitu laporan KION seperti dilansir oleh Live Science.

KION melaporkan hiu itu tak menunjukkan mati karena penyakit. Di tubuhnya memang ada goresan, diduga perbuatan singa laut. Tapi California Department of Fish and Wildlife (CDFW) menduga, bukan goresan itu yang menyebabkan hiu itu mati.

Peneliti di CDFW kemudian membawa bangkai itu dan melakukan necropsy (autopsi pada hewan) di Long Marine Lab di Santa Cruz. Tapi hasilnya belum diumumkan. Yang jelas, “Setelah menerima hasil necropsy, divisi penegak hukum di CDFW sekarang sedang melakukan penyelidikan,” tutur perwakilan dari CDFW.

Kematian hiu ini sangat aneh. Jarang sekali ada hiu yang terdampar ke pantai. Populasi hiu ini di perairan California juga meningkat, meski statusnya di International Union for Conservation of Nature (IUCN) masih Terancam. Lantas, apa yang membunuh si hiu?

George Burgess, seorang ahli biologi kelautan dan direktur emeritus di Florida Program for Shark Research di Universitas Florida mengatakan hiu putih biasanya tak punya predator. Meski begitu kadang-kadang mereka juga diserang oleh paus pembunuh (Orcinus orca). Tapi paus pembunuh biasanya menyerang perut hiu. Sedang di tubuh hiu yang diteliti tak ditemukan bekas seperti itu.

Seekor hiu putih lain pernah ditemukan mati di area itu pada tahun lalu akibat infeksi bakteri otak yang juga melanda hiu salmon (Lamna ditropis) dan hiu thresher (Alopias species). Tapi tak diketahui apakah hiu di California itu juga mengalami infeksi.

Menurut David Ebert, seorang pakar hiu dan Direktur Pacific Shark Research Center di Moss Landing Marine Laboratory di Moss Landing, California, manusia juga bisa saja membunuh hiu putih. Tapi itu jarang sekali terjadi. Hiu putih bukanlah hiu yang dicari para nelayan, apalagi yang seukuran itu. Penangkapan hiu ini secara sengaja adalah sangat terlarang. Tapi kalau tak sengaja terjerat di jaring, nelayan bisa dimaafkan.

Kadang ada juga yang memburu hiu untuk diambil siripnya. Sebab dalam kebudayaan tertentu, sirip hiu dianggap berkhasiat sebagai obat. Tapi sirip si hiu putih yang ditemukan mati di California masih utuh di tempatnya. Dugaan Ebert, hiu malang itu terjerat jaring nelayan yang kemudian dibuang ke laut sebab si nelayan tak tahu harus berbuat apa terhadap tangkapannya.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: