Press "Enter" to skip to content

Palang Merah Beberapa Negara Kumpul di Indonesia, Ada Apa Gerangan?

Dalam rangka meningkatkan komitmen kerjasama dalam bidang kesiapsiagaan logistik khususnya dalam tanggap darurat bencana, Markas Pusat Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar kegiatan “Kick off program pengembangan kapasitas logistik PMI” yang dihadiri oleh beberapa perhimpunan nasional Palang Merah negara sahabat. Di antaranya, Palang Merah Swiss, Palang Merah Amerika, Palang Merah Selandia Baru, Palang Merah Denmark, dan perwakilan dari IFRC zona Asia Pasifik serta perwakilan dari Kedutaan Besar Selandia Baru, yang bertempat di Markas Pusat PMI.

“Saat ini PMI mendapatkan komitmen dukungan untuk meningkatkan kapasitas logistik dari beberapa perhimpunan nasional negara sahabat, Sehingga sangatlah penting untuk saling menguatkan komitmen kerjasama dukungan ini, untuk mengintegrasikan sekaligus mengkonsolidasi potensi dukungan tersebut,” kata Kepala Biro Sarana Prasarana PMI Pusat, Tia Kurniawan dalam keterangannya.

Menurut Tia, selain penguatan komitmen, melalui pertemuan ini, juga menjadi sarana sharing dan pembelajaran bersama dengan kehadirannya Palang Merah Myanmar dan Palang Merah Timor Leste sebagai observer dalam pertemuan ini. selain itu juga hadir sebagai pembicara dari perwakilan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan World Food Programme (WFP).

Rencananya dalam pertemuan yang diadakan selama tiga hari ini akan dilanjutkan kunjungan lapangan bersama ke gudang logistik PMI wilayah Regional banten dan akan berlanjut meninjau kegiatan penyegaran serta simulasi logistik dan posko di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur.

“Harapnya melalui kegiatan ini adanya rencana implementasi program ke depan, melalui pengembangan kapasitas logistik PMI yang terkonsolidasi dan terintegrasi, khususnya di berbagai tingkatan baik tingkat propinsi maupun di kabupaten/kota,” kata Tia.

Kontributor: Atep Maulana

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: