Press "Enter" to skip to content

BMKG: Peringatan Tsunami di Lombok Sudah Dicabut

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan peringatan tsunami telah berakhir pada pukul 20.25 WIB. Peringatan tsunami tersebut sempat diumumkan BMKG pada gempa Lombok berkekuatan 7,0 magnitudo yang terjadi pada pukul 18:46 WIB.

Hal itu disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) lewat akun Twitter resminya @infoBMKG pada Minggu (5/8/2018) pukul sekitar pukul 20.25 WIB.

“Peringatan dini TSUNAMI yang disebabkan oleh gempa mag:7.0, tanggal: 05-Aug-18 18:46:35 WIB, dinyatakan telah berakhir,” tulis BMKG di Twitter, Minggu (5/8).

Sebelumnya gempa kali ini dirasakan di beberapa wilayah di antaranya: Lombok, Sumbawa, dan Bali. Gempa ini menyebabkan kerusakan dan kepanikan di 3 daerah tersebut

“Pantauan di lokasi, saat kejadian gempa masyarakat panik, mereka keluar rumah tidak berani masuk ke rumah dan banyak duduk-duduk di pinggir jalan,” kata salah satu personel PMI yang bertugas di lokasi, M.Nashir Jamal.

Menurutnya, saat ini listrik mati di sekitaran lokasi. Walaupun tsunami alert sudah dinyatakan selesai oleh BMKG dan BNPB, namun masyarakat dharapkan tetap selalu waspada dan tidak panik

“Saat ini sejumlah relawan PMI melakukan penenangan kepada masyarakat yang panik, kami berusaha menenangkan para warga untuk selalu tenang dan selalu waspada,” kata Nashir.

Kontributor: Atep Maulana

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: