Press "Enter" to skip to content

Pendaki Difabel Taklukkan dan Kibarkan Merah Putih di Puncak Elbrus Rusia

Sabar Gorky (50) pendaki difabel yang merupakan Staf Markas PMI Kota Surakarta, berhasil menaklukkan dan mengibarkan bendera Merah Putih di puncak tertinggi benua Eropa, Gunung Elbrus di Rusia, pada pukul 12.30 waktu Rusia atau 16.30 WIB, Jumat (17/8), yang bertepatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke -73.

Bersama rombongan lainnya yang tergabung dalam Tim Ekspedisi Garuda Muda, Sabar telah mengukir prestasi dan mengharumkan nama bangsa indonesia serta serta menjadi kebanggaan tersendiri khususnya keluarga besar Palang Merah Indonesia (PMI).

“Ini tentunya sebuah kebanggaan dan kami memberikan apresiasi atas keberhasilan Sabar Gorky dan rombongan yang telah membawa harum bangsa Indonesia dan keluarga besar PMI se-Indonesia,” kata Kepala Markas PMI Kota Surakarta, Tri Wuryanto melalui sambungan telepon.

Menurutnya, Sabar telah membuktikan keberhasilannya, kekurangan fisik tidak menjadi penghalang untuk melakukan kegiatan ekstrem mendaki puncak-puncak tertinggi dunia. Hal ini, memberikan semangat para atlet Indonesia menginspirasikan untuk tidak pernah menyerah dengan keadaan.

“Sabar sebelumnya telah menaklukkan empat puncak gunung tertinggi dunia, yakni Kilimajaro Afrika, Aconcagua Argentina, Carstensz Pyramid Papua, dan Elbrus Rusia,” kata Tri.

Sabar sebelumnya pernah melakukan pendakian serupa ke puncak Elbrus yang pertama melalui medan sisi utara pada 2011. Untuk tahun ini dia mencoba jalur baru melakukan pendakian melalui sisi selatan.

Dia pun sebelumnya sudah melakukan persiapan baik fisik dan kesehatan didampingi tim kesehatan dari Palang Merah Indonesia (PMI) Solo. Selain itu, persiapan lainnya adalah peralatan pendukung untuk menghadapi medan bersalju di puncak Elbrus yang memiliki suhu hingga mencapai -7 derajat Celcius tersebut.

PMI Surakarta sebagai tempat di mana Sabar bekerja memberikan dukungan penuh, baik berupa latihan fisik, teknik, dan persiapan stamina.

“Sebelumnya sabar melakukan latihan teknik di Pantai Parangtritis, Karanglo Yogyakarta, dan Gunung Lawu Karanganyar. Kami berharap kegiatan ini, memotivasi para generasi muda untuk lebih mencintai Bangsa Indonesia,” kata Tri.

Saat ini posisi Sabar dan rombongan masih berada di Rusia, rencana pada bulan September mendatang, Sabar juga akan berbagi pengalamannya bersama seluruh Relawan PMI se-Indonesia di gelaran Temu Karya Relawan Nasional VI 2018 PMI pada 17-22 September 2018 mendatang yang akan dipusatkan di Waduk Jatiluhur Purwakarta Jawa Barat.

Kontributor: Atep Maulana

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: