Press "Enter" to skip to content

Ditemukan, Kuda Purba yang Terawetkan di Es selama Puluhan Ribu Tahun

Di kawah Batagaika di Yakutia, Siberia, telah ditemukan mumi anak kuda purba dari jenis Lenskaya atau Kuda Lena, yang terawetkan secara alami di lapisan es. Kuda ini terawetkan dengan sempurna dan kita bisa melihat hampir semua bagian tubuhnya dengan baik.

Anak kuda purba itu diperkirakan berusia dua bulan saat mati. Bahkan bulu-bulunya pun masih bisa dilihat dengan baik. Tak ada kerusakan pada spesimen itu.

“Anak kuda itu adalah dari jenis Lenskaya atau Kuda Lena, yang diperkirakan hidup di kawasan itu pada 30.000 dan 40.000 tahun lalu,” kata Semyon Grigoryev, kepala Museum Mammoth Yakutia, seperti dilansir Live Science. Itu adalah era Pleistocene.

Anak kuda purba itu memiliki tinggi 98 centimeter. Begitu lengkapnya anatomi yang tersisa, sehingga peneliti bisa mengambil sampel cairan tubuh dan jejak makanan terakhir hewan itu sebelum mati dan terkubur di es.

Diduga, hewan itu jatuh ke perangkap alami dan tenggelam di perairan beku.

Kawah Batagaika di Yakutia terkenal dengan berbagai spesimen kehidupan yang unik dari zaman purba. Di dalam depresi (depression – daerah yang merosot rendah) Batagai, tim peneliti dari Rusia dan Jepang, menemukan kuda purba itu dalam sebuah ekspedisi sepekan pada Agustus.

Di kawasan Yakutia juga masih ada populasi kuda yang termasuk sepupu kuda purba tadi. Kuda-kuda modern ini berukuran kecil dengan bulu-bulu tebal untuk melindunginya dari gigitan udara dingin.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: