Press "Enter" to skip to content

Dilema Harimau di India, Populasi Naik Tapi Bahayakan Manusia

Harimau adalah binatang yang terancam punah dan upaya konservasi di India terbilang berhasil. Populasinya bertambah tapi hewan ini pun makin sering kontak dengan manusia. Baru-baru ini, hewan buas ini membunuh 13 orang dan bikin panik warga di sekitar Pandharkawada selama dua tahun terakhir. Mereka giat berpatroli dan siap membunuh harimau itu kalau ketemu.

Dari pemeriksaan DNA, perangkap kamera, jejak kaki, mengindikasikan pelakunya adalah seekor harimau betina berusia 5 tahun, yang entah bagaimana telah menjadikan manusia sebagai mangsa. Padahal ini perilaku yang aneh.
Upaya konservasi terhadap harimau memang terbilang berhasil di India. Dengan monitoring yang ketat, teknologi, dan aturan yang keras, populasi harimau meningkat dari 1.411 ekor pada 2006 menjadi 2.500 ekor sekarang. Lebih dari setengah populasi harimau di dunia.
Tapi pakar mengatakan, kini harimau harus berebutan habitat dan teritori dengan manusia.
Sejumlah politisi India meminta hewan itu diburu dan dibunuh. Tapi aktivis lingkungan hidup menolak dan berkukuh itu tindakan yang melanggar hukum. Keputusannya kini ada di tangan Mahkamah Agung yang akan segera membahas masalah itu.
“Saya tak mau membunuh hewan ini,” kata, K. M. Abharna, seorang pejabat kehutanan di Pandharkawada, daerah di perbatasan negara bagian Maharashtra dan Andhra Pradesh, seperti dilansir New York Times. “Tapi ada banyak tekanan, dari politisi dan masyarakat.”

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: