Press "Enter" to skip to content

PMI Terjunkan Mobile Clinic, Sisir Korban Gempa Tsunami di Sulteng

Palang Merah Indonesia (PMI) melakukan pelayanan klinik keliling (mobile clinic) untuk menjangkau beberapa wilayah terdampak yang cukup terisolir akibat gempa bumi tsunami di Sulawesi Tengah.

Pelayanan tersebut sebagai tindak lanjut untuk memaksimalkan pelayanan PMI dalam rangka operasi tanggap darurat bencana gempa yang melanda beberapa wilayah di Sulawesi Tengah yang meliputi wilayah Sigi, Palu, dan Donggala.

Seperti halnya yang dilakukan di wilayah Sigi. Di lokasi ini sedikitnya setiap hari ada ratusan warga telah mendapatkan pelayanan kesehatan dari tim PMI, di kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi.

PMI menerjunkan tim medis yang terdiri dari dokter dan paramedis lainnya yang merupakan tim gabungan dari beberapa PMI wilayah lain yang memberikan dukungan dan diperbantukan dalam pelayanan kesehatan dalam rangka operasi tanggap darurat gempa bumi tsunami di wilayah ini.

“Kami memberikan pelayanan kesehatan dengan cara menyisir ke rumah rumah, menjangkau para warga masyarakat korban yang terdampak akibat bencana gempa bumi tsunami ini yang saat ini kondisinya masih menghawatirkan dan cukup terisolir,” ungkap salah satu tim medis PMI, dr. Arina Hidayati.

Menurut Arina, kondisi di wilayah ini sangat menghawatirkan dan cukup parah, di mana hampir setiap bangunan rumah ambruk dan di beberapa wilayah masih diselimuti lumpur. Mayoritas pasien hingga saat ini menderita diare, demam, flu, dan beberapa masih luka ringan karena tertimpa reruntuhan bangunan.

“Dalam pelayanan Mobile Clinic ini, sedikitnya setiap hari kita menjangkau dan melayani ratusan warga yang mempunyai beberapa keluhan medis dan mendapatkan pelayanan kesehatan dengan diberikannya tindakan medis yang dilakukan oleh tim medis gabungan PMI,” tambah Arina.

Menurutnya, hal ini dilakukannya untuk memaksimalkan pelayanan PMI karena tidak sedikit warga masyarakat saat ini mengalami gangguan kesehatan dan psikologis akibat dampak bencana ini, terutama masih dihantui rasa ketakutan dan trauma yang mendalam akibat bencana gempa dan tsunami yang menerjang wilayah ini.

Selain sejumlah personel medis, pihaknya pun menyiagakan armada ambulans gawat darurat untuk memberikan layanan medis rujukan dan evakuasi pasien.

Selain di wilayah Sigi, Pelayanan kesehatan PMI ini juga dilakukan di Palu, tepatnya di depan halaman Markas PMI Provinsi Sulawesi Tengah untuk memberikan layanan medis dan kesehatan kepada sejumlah warga yang terdampak di lokasi tersebut.

Kontributor: Atep Maulana

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: