Press "Enter" to skip to content

PMI Fokuskan Distribusi Bantuan Logistik ke Daerah Terisolir Akibat Gempa dan Tsunami di Sulteng

Sejumlah relawan PMI mulai mendistribusikan bantuan ke sejumlah lokasi yang cukup terisolir akibat dampak gempa dan tsunami di wilayah Sulawesi Tengah.

“Distribusi bantuan logistik sudah mulai disalurkan PMI di sejumlah lokasi terparah dampak bencana gempa tsunami ini,” ungkap Ridwan Sobri Carman, Kepala Sub Tanggap Darurat dan Pemulihan PMI Pusat

Di beberapa wilayah seperti kecamatan Tamanbuava, Sigi dan Donggala, sejumlah bantuan logistik sudah disalurkan di beberapa sebagian lokasi pada Jumat (5/10). Relawan PMI menyalurkan berbagai kebutuhan yang sangat diperlukan di lokasi tersebut, yang meliputi paket beras, selimut, tikar, terpal, dan air mineral. Kawasan ini sebelumnya sulit diakses lantaran buruknya kondisi jalan dan minimnya ketersediaan bahan bakar. Informasi yang diberikan sejumlah relawan kondisi kerusakan paling parah.

Sebelumya, Palang Merah Indonesia (PMI) telah menyalurkan bantuan makanan kepada pengungsi yang ada di ketiga wilayah terdampak yang terisolir. Bantuan tersebut berupa makanan siap saji, yakni telur asin dan roti.

Makan siap saji tersebut di distribusikan menggunakan helikopter untuk disalurkan melalui udara ke lokasi terdampak yang sangat sulit dijangkau oleh transportasi darat.

Ada 2 titik dropping roti dan telur asin di kabupaten Sigi dan Donggala, yaitu Kulawi yang terletak pada lokasi ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut dan Lambara di pesisir barat Kabupaten Donggala

“Selain proses distribusi bantuan, aktivitas asesmen kebutuhan warga terus berjalan oleh relawan PMI di beberapa lokasi di antaranya, di Kecamatan Banawa yang merupalan lokasi terdampak parah di 4 daerah (Bonioge, Gunung Bale, Perkuburan Cina, Tanjung Karang, dan perkantoran Bupati). Daerah Banawa adalah perumahan di pinggir pantai dan hanyak rumah tersapu tsunami,” lanjut Ridwan

Saat ini sejumlah relawan PMI sudah bisa mengakses kawasan Donggala yang sebelumnya terputus oleh gempa bumi dan gelombang tsunami yang menghantam pesisir barat Sulawesi Tengah.

Di samping itu, pelayanan distribusi air bersih sudah dilakukan PMI untuk memenuhi kebutuhan air bersih kepada warga yang terdampak dengan mengerahkan puluhan admada truk tangki air PMI untuk memasok kebutuhan warga sehari hari baik di pemukiman maupun pengungsian

Sementara itu, posko pelayanan pemulihan hubungan keluarga/Restoring Family Links (RFL), sampai saat ini sudah banyak didatangi sejumlah warga yang melaporkan berita keluarganya baik yang datang langsung ke posko, maupun melalui laporan di website www.familylinks.icrc.org/indonesia.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: