Press "Enter" to skip to content

Seri Cerita dari Papua: Mengenal Asal Usul Danau Sentani

Sentani merupakan nama danau terbesar di Papua. Sentani juga merupakan nama bandara di Jayapura. Namun sebenarnya, istilah ‘sentani’ tidak terdapat dalam bahasa Sentani. Terus dari mana asal usulnya?

Terdapat dua versi tentang asal usul nama Sentani. Suku Sentani menggunakan istilah ‘buyakha’ untuk menyebut danau tempat tinggal mereka. Dalam bahasa Sentani, ‘bu’ berarti air dan ‘yaka’ berarti tempat kosong.

Versi pertama, menyebutkan bahwa istilah ‘sentani’ berasal dari kata endeni, yang berarti ‘tiba di sini’. Hal ini berkaitan dengan perjalanan nenek moyang Sentani dari Papua Nugini menuju ke arah barat dan tiba di danau dan menetap di sana.

Versi lainnya, istilah ‘sentani’ diperkirakan berasal dari ‘hedam’ yang kemudian dilafalkan menjadi setam. Dari kata setam inilah muncul istilah ‘sentani’ yang terus digunakan hingga kini.

Apa saja yang menarik di Danau Sentani? Nantikan artikel-artikel selanjutnya dari Portal Sains mengenai cerita-cerita dari Papua ya. Percaya deh, kalian akan makin tahu mengenai Papua yang sangat menarik itu.

Kontributor: Hari Suroto

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: