Press "Enter" to skip to content

Orang yang Optimistis Cenderung Berumur Panjang

Mau umur panjang? Jadilah orang yang optimistis. Sebab sebuah studi terbaru menemukan bahwa orang yang hidupnya optimistis cenderung berumur panjang daripada mereka yang sebaliknya.

Penelitian terbaru yang dirilis di Live Science baru-baru ini meliputi lebih dari 69.000 profesional kesehatan wanita berusia 58-86 tahun, dan lebih dari 1.400 veteran pria berusia 41 hingga 90 tahun. Mereka terlibat dalam penelitian itu selama 10 hingga 30 tahun.

Pada awal penelitian, peserta (yang semuanya berada di AS) menjawab pertanyaan untuk mengukur seberapa optimisnya mereka. Ternyata, setelah sekian lama, ditemukan bahwa peserta yang melaporkan tingkat optimisme tertinggi adalah 50% hingga 70% lebih mungkin untuk hidup sampai usia 85 tahun atau lebih, dibandingkan dengan mereka yang melaporkan tingkat optimisme terendah.

Di antara yang optimistis, mereka yang paling optimis memiliki masa hidup yang rata-rata sekitar 11% hingga 15% lebih lama daripada orang yang paling tidak optimis. Temuan ini bahkan didapatkan setelah para peneliti memperhitungkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kondisi kesehatan seperti penyakit jantung atau kanker, atau apakah mereka mengalami depresi.

Hal ini memperkuat anggapan bahwa faktor psikologis tertentu dapat memprediksi rentang hidup yang lebih lama. Sebagai contoh, penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa orang yang lebih optimis memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kronis, dan risiko kematian dini. Tetapi studi terbaru ini tampaknya adalah penelitian pertama yang dapat melihat langsung hubungan antara optimisme dan umur panjang.

“Optimisme dapat menumbuhkan kebiasaan yang meningkatkan kesehatan dan meningkatkan resistensi terhadap impuls tidak sehat,” kata peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Boston, dalam penelitian mereka, yang diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences edisi 26 Agustus. Orang yang optimis juga dapat pulih lebih cepat dari pemicu stres mendadak.

Jadi, mau umur panjang? Mulailah menjadi orang yang optimistis ya.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: