Press "Enter" to skip to content

Menyaksikan Laba-Laba Membunuh Primata

Pernah membayangkan laba-laba bisa membunuh dan membawa mangsanya, padahal mangsa itu dari golongan primata dan ukurannya lebih besar? Di Australia kamu bisa menemukan kejadian seperti itu.

Adalah cerita dari warga Tasmania bernama Justine Latton dan suaminya yang memotret seekor laba-laba dari jenis huntsman atau disebut juga laba-laba kepiting raksasa dari familia Sparassidae. Laba-laba sedang ‘menggotong’ mayat seekor primata pygmy possum di sebuah lodge di Mount Field National Park, Tasmania, pada Juni lalu.

Sepasang suami istri itu membagi foto mereka di grup Facebook Tasmanian Insect and Spiders. Para anggota grup kemudian mengidentifikasi laba-laba itu sebagai laba-laba huntsman. Ini jenis laba-laba yang cukup besar dengan kaki yang panjang-panjang.

Di dalam foto, tampak laba-laba itu sedang bergantung dengan posisi kepala di bawah sambil menggigit seeokor pygmy possum yang sudah mati. Pygmy possum (Cercartetus lepidus) memang termasuk possum terkecil di dunia. Tubuhnya hanya sekitar 5-7 cm panjangnya dan bobotnya hanya 7 gram.

Sedangkan si laba-laba huntsman adalah golongan laba-laba yang panjang kakinya bisa mencapai 15 cm dan tubuhnya hanya 2 cm. Tapi dia memang termasuk golongan predator yang agresif. Dia menggunakan taringnya untuk melepas bisa yang sangat beracun dan membunuh korbannya. Setelah itu, laba-laba akan menyedot cairan dari tubuh mangsanya sampai tubuh mangsanya mengering.

Biasanya, laba-laba huntsman berburu serangga, reptil, dan laba-laba lainnya. Tapi tak disangka-sangka bahwa primata kecil juga bisa masuk ke dalam daftar makan malamnya.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: