Press "Enter" to skip to content

Anak-Anak Muda Jarang Travel ke Luar Negeri, Bagaimana dengan Indonesia?

Sebuah survei menarik digelar oleh Agoda.com dan menemukan bahwa anak-anak muda, berusia 18-24 tahun, ternyata kurang sering bepergian ke luar negeri. Studi bertajuk “Well Traveled Survey” ini mencoba menggali tren bepergian orang-orang di negara-negara Asia Pasifik, Timur Tengah, Inggris, dan Amerika Serikat, dalam rangka Hari Pariwisata Dunia, yang jatuh pada hari ini, 27 September 2019.

Menurut survei tersebut, hampir 7 dari 10 orang pernah mengunjungi hingga 10 negara (68%), dengan wisatawan asal Timur Tengah, yakni dari Uni Emirat Arab (92%) dan Kerajaan Arab Saudi (82%) di urutan teratas, diikuti oleh Thailand (76%), Malaysia (75%), dan Jepang (71%).

Wisatawan Inggris memiliki proporsi terbesar dengan mengunjungi lebih dari 31 destinasi (5%), diikuti oleh Australia (4%), Thailand (3%), dan Amerika Serikat (2%). Sementara di di Asia Pasifik, wisatawan Malaysia paling banyak bepergian ke luar negeri yaitu sebanyak 10 negara (11%), diikuti oleh wisatawan Thailand (8%), Indonesia (2%), dan Vietnam (1%).

Responden survei ini adalah mereka yang berusia 18 tahun ke atas. Secara global, 27% orang usia 18-24 tahun tidak pernah pergi ke luar negeri, dengan Cina, Vietnam, dan Indonesia menempati urutan teratas dengan persentase 49%, 45%, dan 37% secara berurutan. Namun, dalam kelompok usia 25-34 tahun, rata-rata yang tidak pernah pergi ke luar negeri adalah 19%. Sedangkan 86% orang berusia 45-54 tahun pernah ke luar negeri, dan 81% orang berusia 25-34 tahun pernah mengunjungi negara lain.

Khusus untuk Indonesia, diketahui bahwa wanita Indonesia lebih mungkin melakukan setidaknya satu perjalanan ke negara lain ketimbang pria (72% banding 65%). Padahal secara global, pria lebih banyak bepergian ke luar negeri (83%) dibandingkan wanita (81%). Fakta lainnya, kurang dari 1% orang Indonesia pernah mengunjungi 21 negara atau lebih.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: