Press "Enter" to skip to content

Arkeolog Temukan Pesawat Jepang Peninggalan PD II di Papua Barat

Penelitian Balai Arkeologi Papua di Pulau Rouw, Kepulauan Auri, Distrik Roon, Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat, berhasil menemukan empat buah pesawat Jepang peninggalan Perang Pasifik. Pesawat ini berada di perairan Pulau Rouw, pada kedalaman 1 meter dari permukaan air. Sehingga ketika air surut, akan terlihat jelas.

Kondisi pesawat saat ini ditumbuhi oleh terumbu karang. Ketika air pasang, pesawat ini menjadi rumah ikan. Kondisi pesawat tidak utuh tetapi bentuk pesawat masih bisa dikenali.

Pesawat yang ditemukan di Pulau Rouw adalah pesawat tempur Mitsubishi A6M Zero, jenis pesawat ini paling ditakuti oleh tentara Amerika pada saat itu, oleh Jepang, pada menjelang Perang Pasifik berakhir, digunakan sebagai pesawat kamikaze atau pesawat bunuh diri. Satu dari pesawat yang ditemukan di perairan Pulau Rouw adalah pesawat pengebom Mitsubishi G4M2 atau oleh Amerika diberi kode Betty.

Pesawat Jepang di perairan Rouw ditembak jatuh oleh pesawat Amerika dalam pertempuran udara di Teluk Cenderawasih. Pertempuran di Teluk Cenderawasih berlangsung pada 27 Mei hingga 20 Juni 1944.

Kelestarian lingkungan kawasan perairan Kepulauan Auri sangat dijaga oleh masyarakat Roon, di kawasan ini, berlaku sasi yaitu aturan adat yang tidak boleh melakukan aktivitas menangkap ikan maupun mengambil hasil laut lainnya. Sasi merupakan bentuk kearifan lokal dalam konservasi suatu kawasan.

Penulis: Hari Suroto (arkeolog, tinggal di Jayapura) bisa dihubungi di Instagram: @surotohari

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: