Press "Enter" to skip to content

Pasar Sayur di Dunia Digital, Ide Pintar Mahasiswa UGM

Sekelompok mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta berhasil membuat aplikasi menarik bernama OkeSayur. Aplikasi ini telah membantu distribusi sayuran dari pasar tradisional di Yogyakarta dan sekitarnya. 

Tak hanya itu, aplikasi itu juga berhasil membawa mereka meraih medali emas di ajang YTECH 2019 untuk kategori Female Founders with Silicon Valley Mindset. Kemenangan ini memberikan mereka kesempatan belajar ekosistem startup di Silicon Valley, Amerika Serikat.

“Selain itu, mereka juga mendapatkan program inkubasi serta pembiayaan dari Angel Investor yang bekerjasama,” kata co-founder OkeSayur Nindi Kusuma Ningrum, seperti dikutip dari Ristekdikti.go.id.

YTECH 2019 merupakan kompetisi start up digital yang ditujukan untuk menjaring talenta muda, terutama perempuan muda Indonesia, yang memiliki jiwa sociopreneur untuk meningkatkan kesejahteraan sosial. Kompetisi dimulai sejak bulan Juni hingga Oktober 2019 dan diikuti 65 tim yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Sebelumnya, di UGM sudah terbentuk usaha rintisan dari tiga mahasiswa: Nindi Kusuma Ningrum, Nathanael Gavin, dan Tommy Wahyu Yudialim dari Ilmu Komputer FMIPA. Mereka membuat aplikasi OkeSayur, yakni layanan belanja dan antar produk bahan pangan dengan tagline More Than Just Shopping Groceries. Hingga saat ini aplikasi OkeSayur telah memiliki lebih dari 1.500 pengguna dan lebih dari 2.000 download.

Pengembangan aplikasi OkeSayur berawal dari keprihatinan terhadap eksistensi pasar tradisional yang kian melemah karena perubahan gaya hidup modern. Nindi dan teman-temannya kemudian menggagas pengembangan aplikasi yang dapat membantu masyarakat belanja sayur dan kebutuhan dapur. Namun, tetap menjaga kelestarian pasar-pasar tradisional.

Berbagai kebutuhan sayur dan bahan pangan yang ditawarkan melalui aplikasi OkeSayur diambil dari pasar-pasar tradisional yang berada di Yogyakarta dan Klaten. Mereka menyediakan sekitar 150 produk meliputi sayur, buah, seafood, daging, bumbu dapur, serta produk organik.

OkeSayur memiliki sejumlah fitur belanja seperti pemilihan katalog, seting lokasi, pengiriman hingga pembayaran. Selain bisa belanja melalui aplikasi, masyarakat juga dapat melakukan pemesanan lewat website okesayur.com, dan chatting WhatsApp. Saat ini, layanan belanja OkeSayur sudah menjangkau konsumen di Yogyakarta, Sleman, Bantul, Kulon Progo serta Klaten.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: