Press "Enter" to skip to content

Primata Unik Ini Punya Jempol Semu, Apa Gunanya?

Perkenalkan primata yang bernama aye-aye atau Daubentonia madagascariensis. Hewan ini dikenal sebagai lemur nokturnal berjari panjang. Tapi ada satu temuan baru dari lemur ini. Dia adalah primata pertama yang punya jempol semu. Apa maksudnya?

Penelitian yang diterbitkan di American Journal of Physical Anthropology itu menyatakan bahwa aye-aye punya struktur kecil yang terdiri dari tulang dan cartilage serta otot, sehingga organ ini bisa bergerak ke tiga arah, sebagaimana cara jempol manusia bergerak.

“Aye-aye punya tangan paling ‘gila’ dari primata mana pun,” kata Adam Hartstone-Rose, pemimpin penelitian tersebut, seperti dilansir Foxnews.com. “Jari-jari mereka telah berevolusi menjadi sangat khusus – begitu khususnya, sehingga pada kenyataannya, itu tidak banyak membantu dalam hal bergerak melalui pohon. Ketika kamu melihat mereka bergerak, sepertinya lemur aneh itu berjalan dengan laba-laba.”

Meskipun tampaknya seperti benjolan kecil, itu pasti berfungsi. Jempol semu itu lebih dari sekadar benjolan sebab ia memiliki tulang dan tulang rawan dan tiga otot berbeda yang menggerakkannya. Jempol semu dapat digerakkan bebas dan mengerahkan sejumlah tenaga yang setara dengan hampir setengah berat badan aye-aye. Jadi itu akan sangat berguna untuk menggenggam.

Di Madagaskar, tempat asal aye-aye, primata ini adalah simbol kematian dan sering dikaitkan dengan iblis. Dulu primata ini diduga sudah punah, namun pada 1961 ditemukan lagi.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: