Press "Enter" to skip to content

5 Tips Membuat Foto Bokeh dengan HUAWEI nova 2 lite

HUAWEI baru saja meluncurkan smartphone di kelas menengah yang diklaim berbanderol terjangkau, HUAWEI nova 2 lite, sang penerus nova 2i. Salah satu fitur andalannya adalah kamera ganda di belakang, gabungan lensa 13MP dan 2 MP. Tujuannya untuk melahirkan jepretan bokeh.

Bokeh berasal dari bahasa yang Jepang artinya ‘kabur’ atau dalam Inggris berarti ‘blur’. Dalam terminologi fotografi, bokeh maksudnya foto yang memiliki obyek fokus dan jelas, tapi area background mengalami blur.

Tugas itu diserahkan pada lensa 2MP, untuk mengukur kedalaman gambar sehingga dapat menentukan obyek yang akan fokus dan background yang blur pada saat bersamaan. Menariknya, HUAWEI telah menyediakan fitur untuk merekayasa tingkat blur sehingga area bokeh dapat ditentukan intensitas blur-nya.

Pengguna HUAWEI nova 2 lite dapat menentukan tingkat blur mulai dari bukaan atau aperture f/0.95 hingga f/16 sebelum maupun sesudah mengambil foto. Dengan begitu, fitur rekayasa tingkat blur ini memungkinkan pengguna HUAWEI nova 2 lite menyajikan efek bokeh sesuai dengan selera.

Tapi pertanyaannya, bagaimana cara menghasilkan foto bokeh yang menarik menggunakan HUAWEI nova 2 lite? Dari keterangan yang diterima oleh Portal Sains, berikut lima tipsnya:

1. Kejarlah Pencahayaan yang Baik
Untuk bisa menghasilkan foto bokeh yang baik, obyek membutuhkan pencahayaan merata. Ini supaya bisa menentukan serta memisahkan obyek dan background demi terciptanya efek bokeh dengan rapi.
Biasanya dalam keadaan minim cahaya maupun redup, smartphone akan sulit untuk memisahkan obyek maupun background sehingga akan membuat foto yang dihasilkan tidak berefek bokeh atau efek bokeh tidak sesuai yang diinginkan.

2. Menentukan Fokus Objek
HUAWEI nova 2 lite sudah punya fitur Wide Aperture untuk menghasilkan foto bokeh secara instan. Untuk mengaktifkan fitur ini, pilih ikon shutter di bagian atas pada aplikasi kamera. Setelah aktif, arahkan kamera utama ke obyek foto. Fokuskan kamera pada obyek tersebut agar menjadi jelas dan membuat background terlihat blur.

3. Memastikan jarak objek dan background cukup
Apabila background tidak terlihat blur sama sekali maka, sesuaikanlah jarak obyek dan background dengan kamera HUAWEI nova 2 lite. Sebenarnya, Huawei telah memberikan notifikasi saran bahwa 0,5 meter sampai 2 meter merupakan jarak terbaik untuk menghasikan foto bokeh.

4. Mengatur Tingkat Blur
Setelah background menjadi blur dan obyek yang difokuskan telah disesuaikan maka penggunanya dapat langsung mengatur tingkat blur sesuai dengan selera. Penyesuaian intensitas ini bisa bikin foto bokeh jadi menarik.

Untuk mengatur tingkat blur ini, pilih menu berlogo shutter dan angka di bagian kanan bawah. Aplikasi kamera HUAWEI nova 2 lite akan memberikan pilihan aperture mulai dari f/0.98 hingga f/16. Setelah tingkat blur ditentukan maka pengguna perangkat ini dapat langsung mengambil foto.

5. Mengatur hasil akhir Foto
Setelah foto direkam, lihatlah hasilnya di aplikasi Gallery. Nantinya foto dengan logo shutter di dalam Gallery merupakan foto yang menggunakan fitur Wide Aperture yang memiliki efek bokeh. Pilih foto yang hendak di-edit, caranya tekan pada foto sehingga muncul menu dengan ikon shutter pada bagian atasnya dan dapat langsung dipilih. Setelah masuk ke menu Edit, aturlah tingkat blur maupun fokusnya sesuai keinginan. HUAWEI juga menyediakan menu Filter yang memungkinkan background  yang bokeh dapat ditambahkan efek warna yang menarik.

Jangan lupa, smartphone HUAWEI nova 2 lite ini sudah bisa dipesan secara pre-oder mulai hari ini melalui channel online di Lazada.co.id dan offline channel di took-toko tertentu mulai tanggal 26 April sampai 4 Mei 2018 dengan harga Rp2.599.000. Tersedia hadiah senilai Rp1,6 jutaan bagi pemesan HUAWEI nova 2 lite selama periode pre-order.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: