Press "Enter" to skip to content

Gempa Dangkal Guncang Lebak dan Sukabumi, Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa bumi yang berkekuatan 5,0 Skala Richter (SR) kembali terjadi pada  Jumat pagi pukul 07.27.39 WIB. Gempa tersebut berpusat di wilayah Kabupaten Lebak dan Sukabumi.

“Hasil analisis update BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki kekuatan M=4,7. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,1 LS dan 106,14 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 46 km arah barat Kota Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Propinsi Jawa Barat pada kedalaman 25 km,” kata  Plt. Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono, dalam siaran Pers Jumat, (8/6/2018).

Menurutnya, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas penyesaran intraplate dalam Lempang Eurasia.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukan bahwa gempabumi dibangkitkan oleh aktivitas sesar mendatar (strike slip fault),” ungkapnya.

Dampak gempabumi berdasarkan Peta Tingkat Guncangan (Shakemap BMKG) dan hasil laporan masyarakat menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di Bayah dan Panggarangan Kabupaten Lebak II SIG-BMKG ( III-IV MMI).

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami,”ujar Rahmat.

Hingga pukul 07.44 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Kontributor: Atep Maulana

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: