Press "Enter" to skip to content

Kamu Mahasiswa? Ayo Terbangkan Idemu di Kompetisi Airbus Ini

Kamu mahasiswa? Ini ada kompetisi menarik bagi kamu yang tertarik dengan dunia penerbangan. Airbus, manufaktur pesawat dari Toulouse, Prancis, itu sedang menggelar kompetisi dirgantara bertajuk Fly Your Ideas yang keenam kalinya.

Kompetisi mahasiswa ini berfokus pada solusi digital untuk dunia penerbangan. Airbus mengundang inovator dari generasi muda untuk mengembangkan ide baru di industri penerbangan. Acara yang digelar dua tahun sekali ini merupakan ajang kompetisi kreativitas dan inovasi untuk memecahkan tantangan nyata di industri penerbangan.

Kompetisi ini, seperti disebut dalam keterangan resmi yang diterima Portal Sains, terbuka untuk universitas dari seluruh dunia, termasuk jurusan teknik, teknologi informasi, hingga pemasaran dan desain. Kompetisi ini merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan jiwa penemu mereka, mengerjakan teknologi digital modern bersandingan dengan para ahli dari industri penerbangan.

Airbus mencari ide yang dapat mengubah industri penerbangan di dekade-dekade mendatang untuk dapat menciptakan dunia yang lebih aman, bersih, dan terhubung dengan lebih baik.

Sejak kompetisi ini diluncurkan di tahun 2008, lebih dari 20.000 mahasiswa dari 650 universitas dari lebih dari 100 negara telah berpartisipasi (Lihat Infografis). Edisi kali ini diprediksi akan menjadi yang paling menarik.

Tim mahasiswa yang berkompetisi di Fly Your Ideas akan melewati tiga babak kompetisi. Setiap tahapan dari masing-masing babak merupakan kesempatan untuk terus mengembangkan konsep ide milik peserta dengan dukungan dari spesialis dan mentor Airbus. Sebanyak enam tim yang menjadi finalis akan bergabung dengan Airbus secara langsung untuk mengembangkan ide mereka lebih jauh.

Keenam tim ini pula akan bertanding untuk memperebutkan hadiah total sebesar €45.000 atau setara dengan Rp730 juta serta kesempatan untuk mengimplementasikan ide mereka di kondisi nyata industri penerbangan.

Airbus Digital Transformation Officer merangkap sponsor dari Fly Your Ideas, Marc Fontaine, mengatakan: “Kompetisi ini menghubungkan kami dengan inovator dari generasi digital native, dan mengaplikasikan tenaga serta semangat mereka ke berbagai tantangan yang kami hadapi pada upaya transformasi digital Airbus sendiri. Industri penerbangan sedang memasuki era perubahan dengan potensi yang besar. Saya menanti-nanti kesempatan untuk melihat bagaimana para peserta akan menghadapi tantangan Fly Your Ideas.”

Fly Your Ideas edisi tahun 2019 ini mengajak peserta untuk merespons salah satu dari tantangan-tantangan berikut: elektrifikasi, layanan data, kemananan teknologi informasi, internet of things, kecerdasan buatan, dan mixed reality. Sejak 2012, kompetisi ini didukung oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO).

Registrasi dibuka dari tanggal 5 Juni 2018 dan mahasiswa dapat langsung mulai menyiapkan jawaban kreatif berbasis digital mereka atas tantangan yang tersedia dan mendaftar di www.airbus-fyi.com. Babak final Fly Your Ideas akan dilaksanakan di tahun 2019, di mana mahasiswa akan mendapatkan kesempatan untuk menunjukkan ide mereka di depan para ahli industri penerbangan.

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: