Press "Enter" to skip to content

Gunung Agung Meletus Lagi, Warga Mulai Mengungsi

Gunung Agung yang terletak di Kabupaten Karangasem, Bali, kembali mengeluarkan asap setinggi 1.500 meter pada Kamis (28/6/2018). Warga di sekitar gunung dilaporkan mulai mengungsi ke tempat aman.

Dalam situs resminya Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau PVMBG menyebutkan bahwa Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali, baru saja meletus. PVMBG menyebutkan Gunung Agung meletus pada pukul 15.52 WITA, Kamis sore, 28 Juni 2018.

PVMBG mencatat, dari pengamatan, tinggi kolom abu teramati mencapai lebih dari dua kilometer dari atas puncak gunung. Atau, lebih dari 5.142 meter dari permukaan laut.

“Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal condong ke arah barat daya dan barat,” tulis PVMBG seperti dikutip Portal Sains.

Sementara itu, data yang dikompilasi dari Posko PMI Pusat menyebutkan, saat ini PMI Provinsi Bali telah melakukan koordinasi dengan PMI Kabupaten Karangasem dalam pemantauan aktivitas Gunung Agung dan melakukan assessment lapangan.

“Sampai saat ini teman-teman PMI karangasem masih bersiaga di lapangan, selain melakukan koordinasi dengan sejumlah instansi terkait, mereka telah mempersiapkan distribusi masker untuk diberikan kepada warga sekitar,” ungkap Kepala Bagian Posko PMI Pusat, Masfuri.

Menurutnya, saat ini berdasarkan arahan pemerintah setempat, masyarakat di sekitar Gunung Agung dan pendaki, serta para wisatawan agar tidak berada dan tidak melakukan pendakian, serta tidak melakukan aktivitas apapun di Zona Perkiraan Bahaya yaitu di seluruh area di dalam radius 4 km dari Kawah Puncak Gunung Agung.

Zona Perkiraan Bahaya sifatnya dinamis dan terus dievaluasi dan dapat diubah sewaktu-waktu mengikuti perkembangan data pengamatan Gunung Agung yang terbaru.

Kontributor: Atep Maulana

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: