Press "Enter" to skip to content

Gempa dan Tsunami Landa Donggala, PMI Kirim Logistik

Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 7,4 terjadi di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, pukul 17.02 WIB atau 18.02 WITA, yang kemudian memicu terjadinya gelombang tsunami di perairan Palu.

Palang Merah Indonesia (PMI) segera mengirimkan sejumlah bantuan logistik sebagai bantuan tahap awal ke lokasi bencana. selain itu, armada ambulans, dan mobil truk tangki air bersih serta sejumlah personil relawan diberangkatkan hari ini untuk membantu para korban.

“Hari ini PMI akan mengirimkan bantuan logistik kedaruratan sebagai bantuan tahap awal dan menjadi salah satu langkah prioritas penanganan PMI untuk membantu warga di sana,” ucap Kepala Biro Sarana dan Prasarana Markas Pusat PMI, Tia Kurniawan, Sabtu (29/9)

Menurutnya, untuk bantuan tahap awal ini PMI telah menyiapkan barang-barang bantuan untuk dikirimkan ke lokasi melalui gudang PMI regional Makasar.

Barang bantuan tersebut berupa 200 selimut, 200 tikar, 500 jerican, dan 200 sarung. Selain itu juga terdapat bantuan lain untuk mendukung kapasitas lokal dengan mengirimkan 100 rompi PMI dan uang oprasional tanggap darurat 100 juta.

“Ini bantuan tahap awal, karena instruksi selanjutnya semua bantuan barang logistik akan terus bertambah dari gudang regional di Makassar dan Banjarmasin, yang akan akan dikirim ke Donggala Sulawesi Tengah, termasuk 15 armada truk tangki air bersih,” kata Tia.

Sementara itu menurut Kepala Sub Tanggap Darurat PMI Pusat, Ridwan Sobri Carman, sejauh ini yang dilakukan oleh PMI sejak malam tadi sudah memobilisasi relawannya dan ambulans untuk melakukan upaya evakuasi hingga melakukan upaya pertolongan pertama (PP) medis bagi korban luka.

“Saat ini kami akan prioritaskan untuk mobilisasi personil PMI terdekat untuk melakukan tindakan awal darurat berupa membantu proses evakuasi dan upaya penyelamatan, serta pemenuhan kebutuhan dasar,” kata Ridwan.

Selain itu, pihaknya terus melakukan koordinasi dalam upaya-upaya mendukung wilayah terdampak dengan berkoordinasi pemerintah setempat melalui PMI Provinsi Sulawesi Tengah.

Kontributor: Atep Maulana

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mission News Theme by Compete Themes.