Press "Enter" to skip to content

Bingung Mencari Keberadaan Keluarga karena Gempa Palu? PMI Buka Layanan RFL

Palang Merah Indonesia (PMI) memberikan layanan pencarian bagi masyarakat terdampak gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah dengan membuka layanan Pemulihan Hubungan Keluarga atau Restoring Family Links (RFL) yang bisa diakses masyarakat melalui laman www.familylinks.icrc.org/indonesia atau dengan mendatangi langsung Posko Pelayanan PMI di Markas PMI Kota Palu, Jl. R.A Kartini No.20, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Pelayanan RFL PMI yang dibuka sejak Selasa (02/10) ini merupakan kerjasama antara Komite Internasional Palang Merah (ICRC) bersama dengan PMI untuk membantu masyarakat korban terdampak gempa dan tsunami di Sulteng.

Menurut Kepala Sub Pemulihan Hubungan Keluarga, PMI Pusat, Andreanne Tampubolon, “Pelayanan RFL ini ini merupakan kerjasama PMI dan ICRC, melalui layanan ini kami ingin membantu masyarakat terdampak untuk mendapatkan informasi mengenai anggota keluarganya atau melaporkan dirinya sendiri bahwa ia selamat dari bencana yang dialami untuk dapat mengabarkan apabila ada anggota keluarga yang mencari dirinya,” kata Andreanne.

Informasi atau data yang dilaporkan orang masyarakat terdampak melalui laman atau datang langsung ke Posko PMI akan sangat membantu dalam usaha pencarian kerabat atau anggota keluarga.

“Pengisian data sesuai dengan identitas yang diberikan, akan sangat membantu, misalnya untuk nama seseorang. Kemungkinan akan banyak nama yang sama tetapi yang membedakan adalah nama orang tua, jadi datanya bisa dibedakan,” papar Andreanne.

“Selain itu, layanan links ini adalah merupakan layanan mandiri yang dapat dilakukan masyarakat terdampak, masyarakat bisa mengisi infomasi secara mandiri dan mengecek setiap saat, apabila ada update (informasi terbaru) atau status dari laporan yang diberikan melalui laman, secara mandiri,” tambah Andreanne.

Lebih lanjut diharapkan masyarakat yang berada di pengungsian juga dapat memberikan informasi mengenai dirinya atau anggota keluarganya bahwa ia selamat dari bencana gempa dan tsunami yang melanda Sulteng.

Kontributor: Atep Maulana

Be First to Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: