Press "Enter" to skip to content

Benarkah Huawei Luncurkan Smartphone Lipat 5G di Barcelona?

Soal smartphone lipat banyak dibicarakan publik sejak akhir 2018 lalu. Berbagai vendor, baik lewat bocoran maupun bisik-bisik, sudah ancang-ancang untuk mengeluarkan jagoannya masing-masing, termasuk Huawei.

Malah, kabarnya Huawei akan memberikan kejutan besar pada perhelatan MWC Barcelona, bulan depan. Di sana Huawei disebut-sebut bakal meluncurkan anggota terbaru di keluarga P series, atau yang ramai disebut sebagai P30 Series. Tapi akankah bentuknya berupa smartphone lipat?

Tak jelas juga sih. Tapi baru-baru ini kami mendapat semacam teaser berupa poster yang menyatakan akan ada pengumuman besar smartphone 5G di Barcelona. Akankah wujudnya berupa smartphone lipat?

Tak ada yang bisa memastikan. Tapi mari kita melihat tanda-tanda yang ada. Baru-baru ini Huawei telah meluncurkan chipset 5G multi-mode Balong 5000 dan perangkat komersial perdananya, Huawei 5G CPE Pro.

Balong 5000 adalah chipset yang mendukung konektivitas 2G, 3G, 4G, dan 5G pada chip tunggal. Chipset ini secara efektif mengurangi latensi dan konsumsi daya berlebihan ketika terjadi pertukaran data antara mode yang berbeda.

Balong 5000 adalah chipset pertama yang mencapai benchmark industri terkait kecepatan puncak pengunduhan 5G. Pita low-frequency Sub-6 GHz, spektrum utama yang dipakai untuk 5G, membuat Balong 5000 bisa mencapai kecepatan unduh sampai 4,6 Gbps.

Saat beroperasi di spektrum mmWave, pita high-frequency yang digunakan sebagai spektrum tambahan untuk 5G, Balong 5000 dapat mencapai kecepatan unduh sampai 6,5 Gbps. Kecepatan maksimum yang bisa dicapai ini adalah 10 kali kecepatan maksimum yang bisa dicapai jaringan 4G LTE yang ada di market saat ini.

Dalam konferensi pers peluncuran chipset 5G itu, pada 24 Januari lalu, CEO Huawei Consumer Business Group (CBG) Richard Yu juga bicara soal kinerja bisnis CBG yang memuaskan. Dia bilang total penjualan yang dicapai oleh CBG telah mencapai lebih dari US$52 miliar pada 2018. Dia mengatakan pencapaian itu adalah peningkatan year-to-year (YoY) yang terbaik dalam lini bisnis mereka, yang mencakup smartphone, komputer PC, tablet, dan perangkat wearables.

Mari kita rangkum. Chipset 5G terbaru dan perangkatnya sudah hadir, kinerja bisnis di industri smartphone global juga sedang moncer. Jadi sudah sewajarnya jika smartphone lipat 5G adalah langkah Huawei berikutnya dalam rangka semakin mendominasi pertarungan di industri 5G, bukan?

Tapi pertanyaannya, smartphone Huawei seri apa yang mendapat kehormatan menjadi smartphone lipat pertama dari Huawei? Benarkah P30 Series yang dikabarkan bakal diluncurkan dalam waktu dekat?

Ada gambar-gambar yang bocor di Internet mengenai smartphone ini. Namun, gambar-gambar P30 yang bocor di Internet itu tidak terlihat seperti smartphone lipat. Jangan-jangan Huawei sedang mencoba mendistraksi kita yang penasaran.

Menurut Phone Arena, acara utama Huawei dijadwalkan akan digelar di MWC 2019 pada 24 Februari pukul 14.00 waktu setempat. Kita mungkin akan melihat P Series dengan konektivitas 5G diluncurkan pada saat itu. Tapi soal bentuknya, tunggu saja.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: