Press "Enter" to skip to content
Dok. commons.wikimedia.org/JustinGriffiths

Seri Cerita dari Papua: Kanguru yang Lebih Suka di Pohon

Kanguru itu ada macam-macam jenisnya, ternyata. Salah satunya adalah yang hidup di Papua, yang disebut kanguru pohon atau Dendrolagus goodfellowi buergersi.

Kanguru pohon hidup liar dan mencari makan pada malam hari. Nenek moyang kanguru pohon berevolusi dari sejenis kanguru rock wallaby atau walabi batu yang hidup di permukaan tanah sekitar 5 juta tahun yang lalu.

Pemangsa telah memaksa walabi batu ini hidup berpindah dari padang rumput ke atas pohon.

Nenek moyang kanguru pohon ini pada awalnya harus belajar memanjat pohon untuk menghindari pemangsa. Dalam perkembangannya, kanguru pohon berevolusi memiliki kaki dengan cakar kuat yang mampu memeluk pohon dan memanjat.

Sistem pencernaannya juga berevolusi yang sebelumnya untuk mencerna rumput menjadi pencerna dedaunan, ranting dan tunas.

Satu-satunya ancaman kanguru pohon adalah manusia. Namun kanguru pohon di Papua lebih beruntung dan masih punya kesempatan kecil untuk bertahan hidup karena para pemburu menggunakan anjing, busur dan panah.

Hal ini berbeda dengan Papua Nugini. Di negara tersebut para pemburu menggunakan senjata api sehingga mempunyai dampak besar terhadap populasi kanguru pohon.

Kontributor: Hari Suroto

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: