Press "Enter" to skip to content

Huawei Luncurkan Smartphone Lipat dengan Harga Amat Fantastis

Seperti sudah diperkirakan, Huawei meluncurkan smartphone lipatnya di MWC 2019 di Barcelona, malam ini. Smartphone itu disebut Huawei Mate X.

Richard Yu, CEO Huawei Consumer Business Group, dalam peluncuran itu mengatakan Huawei Mate X akan menjadi smartphone lipat 5G tercepat di dunia. Dengan modem 5G, smartphone ini dapat mencapai kecepatan unduh sampai 7,5 Gbps.

“Anda hanya butuh waktu 3 detik untuk mengunduh video berukuran 1GB,” katanya, melalui siaran langsung di akun resmi Facebook, Minggu (24/2) malam.

Dalam wujud smartphone, Huawei Mate X memiliki layar 6,6 inci. Saat layar dibuka, smartphone akan berubah menjadi tablet dengan bentang layar 8 inci.

Yang menarik, Huawei memasang teknologi engsel yang disebut Falcon Wing dengan tingkat keandalan tinggi. Huawei menanamkan 100 komponen pada engsel yang sudah dipatenkan ini untuk menghasilkan engsel yang tangguh, sekaligus tak kentara ketika dilipat.

Richard Yu mengatakan, engineer Huawei menghabiskan waktu 3 tahun untuk mendesain engsel ini.

Meski tak mengungkapkan berapa resolusi kamera yang ditanamkan, Huawei memasang kamera selfie di depan pada smartphone lipat ini. Lensa ini dirancang bersama Leica. Yang menarik, saat dipakai memotret, obyek foto bisa melihat preview-nya.

Dapur pacu mengandalkan duet chipset 5G pertama di dunia yang diproduksi dengan teknologi 7nm, yaitu Balong 5000, dan chipset Kirin 980 yang sudah ditanamkan di smartphone Huawei Mate 20 series.

Dua baterai ditanamkan untuk menghasilkan baterai berkapasitas 4500 mAh dengan teknologi SuperCharge yang lebih cepat lagi ketimbang Mate 20 Pro, yaitu 55W. Smartphone ini bisa diisi ulang 85 persen hanya dalam waktu 30 menit. 600 persen lebih cepat dari teknologi iPhone Xs Max.

Lantas, berapa harganya? Huawei membanderolnya 2.299 euro untuk RAM 8GB dan ROM 512GB. Kalau dirupiahkan menjadi Rp36,6 juta. Wow! “Kami memang berusaha memberikan harga yang terbaik berdasarkan teknologi terobosan yang kami tanamkan di dalamnya,” kata Richard Yu. Mate X rencananya akan dipasarkan pada pertengahan tahun ini.

Tapi, Huawei bukanlah yang pertama meluncurkan smartphone lipat. Samsung sudah mendahului beberapa hari lalu di San Francisco, AS, yaitu Galaxy Fold. Dari sisi bentang layar, masih kalah luas dibandingkan Mate X. Dalam wujud smartphone, layarnya 4,6 inci dan dalam wujud tablet menjadi 7,3 inci.

Tapi Samsung menanamkan 6 kamera sekaligus di dalam Galaxy Fold. Dua kamera di dalam, tiga kamera di belakang, dan satu kamera di layar depan.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: