Press "Enter" to skip to content

Melihat Keceriaan Korban Banjir Sentani Saat Terima Bantuan dari PMI

Raut wajah keceriaan terlihat dari para pengungsi korban bencana banjir Sentani pada saat kedatangan paket bantuan dari PMI tiba di beberpa titik lokasi pengungsian di wilayah Sentani, Jayapura.

Saat ini Palang Merah Indonesia (PMI) kembali menyalurkan sejumlah paket bantuannya kepada para pengungsi korban terdampak bencana banjir di Sentani, Jayapura yang tersebar di beberapa titik lokasi pengungsian, salah satunya di lokasi pengungsian kampung Asei Kecil dan Nandeli yang berada di Distrik Sentani Timur, Jayapura.

“Kami mengucapkan terima kasih dan bersyukur atas bantuan yang diberikan oleh PMI, karena bantuan tersebut sangatlah bermanfaat untuk keluarga selama berada di lokasi pengungsian saat ini,” ucap Norlince Nere, salah satu penerima bantuan pengungsi dari kampung Asei Kecil Sentani Timur.

Menurutnya, kebutuhan paket bantuan tersebut sangatlah diperlukan terlebih pasca banjir bandang yang menerjang dan menenggelamkan rumahnya yang berada di pinggiran kawasan Danau Sentani.

Sementara itu, Palang Merah Indonesia (PMI) saat ini terus mengupayakan menyalurkan paket bantuan untuk memenuhi sejumlah kebutuhan kedaruratan para pengungsi yang tersebar di beberapa titik pengungsian di antaranya di Kampung Asei Kecil dan Nandeli di Distrik Sentani Timur.

“Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk membantu kebutuhan para pengungsi pada saat kondisi tanggap darurat bencana seperti saat ini,” kata Ketua Harian PMI Provinsi Papua Zakius Degey.

Menurut Zakius, untuk paket bantuan itu sendiri PMI melalui dukungan PMI Pusat dan IFRC sudah mendistribusikan berbagai jenis kebutuhan meliputi paket kebutuhan keluarga (family kit), terpulin, dan paket peralatan kebersihan (hygiene kit).

Ditambahkanya, berbagai jenis bantuan tersebut sangat dibutuhkan saat ini terlebih cuaca di lokasi pengungsian sekarang memasuki intensitas cuaca yang masih hujan di wilayah Jayapura dan sekitarnya.

“Kami berharap paket bantuan tersebut bisa bermanfaat untuk meringankan penderitaan para korban yang terdampak yang sampai saat ini masih berada di pengungsian,” kata Zakius.

Di tempat yang sama, Kepala Divisi Penanggulangan Bencana PMI Pusat Arifin M.Hadi menambahkan, selain bantuan logistik, PMI Pusat juga mengirimkan armada tanki air bersih untuk mendukung dalam pelayanan dalam tanggap darurat bencana saat ini.

Menurut Arifin, Hal ini sebagai bentuk komitmen PMI dalam rangka mendukung pemerintah dalam upaya penanganan bencana yang terjadi di wilayah Sentani Papua ini.

“Fokus pelayaan PMI saat ini adalah membantu pemerintah dalam upaya proses penanganan tanggap darurat bencana banjir bandang saat ini dengan berbagai kegiatan pelayanan pendukung lainnya seperti distribusi bantuan, water sanitasi and hygien (WASH), pelayanan kesehatan dan pendampingan pelayanan psikososial support program (PSP),” pungkas Arifin.

Kontributor: Atep Maulana

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: