Press "Enter" to skip to content
Pagelaran Gaming SMI

Menengok Pagelaran Teknologi PC Gaming Paling Lengkap

Gaming sedang naik daun di Indonesia. Selain mobile, gaming PC ternyata masih memiliki penggemarnya sendiri. Begitulah yang tampak dalam acara “Build Your Gaming Empire” yang diadakan oleh Synnex Metrodata Indonesia (SMI), di Jakarta, baru-baru ini.

Berbagai teknologi gaming PC teranyar, yang terkesan canggih dan mahal, dipamerkan di sana. Para cosplayer berseliweran menambah kental suasana gaming. Intel, Asus ROG, MSI, dan Dell, misalnya, memamerkan teknologi terkininya, bahkan ada yang belum dijual ke market.

Selain itu, brand-brand lain juga memperlihatkan keunggulan produknya masing-masing. 

SMI memang memiliki portofolio gaming yang lengkap, yang berasal dari brand-brand keren, macam ASUS ROG, MSI, Dell, HP Omen, Gigabyte, Seagate, Thermaltake, HyperX, Inno3D, Viewsonic, Intel dan Nvidia. Tak heran kalau SMI, untuk produk gaming, telah menguasai pangsa pasar sebesar 50 persen.

Tahun 2019, SMI bahkan sudah mempersiapkan produk gaming terbaru dengan teknologi paling mutakhir, seperti notebook dan PC berbasis Nvidia RTX series, Intel i9, graphic card berbasis GTX 16 series, ROG Phone, dan aksesoris-aksesoris gaming terbaru.

Sebagaimana dituturkan oleh Agus Honggo Widodo, Presiden Direktur PT Synnex Metrodata Indonesia, perusahaannya menawarkan one stop shopping solution serta peluang membangun ekosistem gaming yang paling lengkap. “Kami ingin memperlihatkan kepada para gamer maupun dealer di Indonesia, bahwa dengan portofolio produk gaming yang kami miliki, mereka dapat membangun ekosistem gaming yang paling lengkap untuk semua kalangan,” katanya.

Tapi tak cuma itu. SMI juga menawarkan solusi custom PC gaming dengan harga lebih terjangkau yang diberi label brand Symetri. Kalau masih awam dengan istilah ini, barangkali kamu pernah mengenal konsep PC rakitan. Ya mirip-miriplah. Hanya saja, custom PC gaming dari SMI didesain dengan perangkat original dari brand-brand yang didistribusikan oleh SMI.

“Sehingga tetap menjamin kinerja yang mumpuni bagi para gamers, designer, maupun video editor termasuk content creator (youtuber dan lain-lain) yang membutuhkan sistem dengan kemampuan komputasi tinggi untuk segmen low-end, mid-end, dan high-end,” kata Ronaldy Suhendra, Direktur Konsumer PT Synnex Metrodata Indonesia.

Solusi ini tidak hanya ditujukan bagi penggemar PC gaming, namun juga bagi pengelola iCafe yang akan mendapatkan solusi custom PC dengan harga paling kompetitif dan dapat memberikan return of investment yang lebih cepat. Apakah sistem ini tidak mengkanibal pasar PC gaming branded yang didistribusikan oleh SMI?

Agus mengatakan produk sistem seperti notebook dan PC gaming branded mempunyai segmen yang berbeda dengan custom PC gaming. “Dan kami percaya kedua segmen ini akan terus berkembang,” ujarnya.

Produk Symetri yang didesain oleh SMI ada tiga tipe, mulai dari harga Rp5,99 juta sampai Rp33,99 juta. Symetri PC iCafe adalah solusi untuk iCafe yang dipasarkan dengan harga mulai 5,99 juta rupiah. Spesifikasinya antara lain Prosesor Intel Pentium Gold G5400 Processor, Motherboard H310M Chipset, DRAM 4GB DDR4, SSD M.2 120GB, Graphic Card GTX 1050Ti 4GB GDDRS, Lite Power RGB 450 W dan casing premium.

Ada pula Symetri PC Gamers solusi untuk casual gamers yang dibanderol Rp19,99 juta. Spesifikasinya adalah Intel Core iS 9400F, MSI Motherboard B360 Gaming Pro Carbon, Sea Gate HDD Firecuda 2TB + Kingstone SSD UV500 120 GB, 16GB 2933 Mhz DDR4 HyperX Predator RGB, Graphic Card GTX 1660Ti 6GB OC GDDRS, dan SmartPro RGB 750W dengan Thermal Take View 37 RGB.

Symetri PC Pro Gamer adalah andalan SMI yang dibuat khusus untuk gamers profesional dengan harga mulai Rp33,99 juta. Spesifikasinya adalah: Intel Core i9 9000K, MSI Motherboard MPG Z390 Gaming Pro Carbon, Seagate HDD Firecuda 2TB + Kingstone SSD UV500 120 GB, 16 GB 2933 MHz DDR4 HuperX Predator RGB, Graphic Card RTX 2070 8GB GDDRS, dan Smartpro RGB 850W dengan Thermal Take View 37 RGB.

Industri gaming di Indonesia memang tengah moncer. Menurut Newzoo, seperti dilansir oleh esport.id, pasar gaming di Indonesia tahun 2018 mencapai angka 1,1 miliar USD, di mana smartphone tetap menjadi primadona dengan sumbangan 64% (setara US$720 juta). Hal ini disokong dengan total gamer yang diperkirakan sekitar 46,2 juta termasuk 26,6 juta merupakan gamer berbayar dengan rata-rata menghabiskan US$42,47 per orang.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: