Press "Enter" to skip to content
Dok. Regal Springs

Ikan Tilapia, yang Enak dan Tak Bau Tanah

Tahukah kamu ikan tilapia? Kalau kamu belum tahu, ikan air tawar ini sebetulnya bisa kamu temukan dengan mudah. Di pasar banyak. Rasanya enak.

Ikan tilapia adalah nama umum untuk menyebutkan ratusan spesies ikan cichlid dari suku Tilapiine cichlid. Di Indonesia, salah satu jenis tilapia yang kamu pasti kenali adalah ikan nila. Selain bisa ditemukan di alam liar, ikan ini juga termasuk komoditas perikanan yang banyak dibudidayakan di danau dan waduk air jernih, lho.

Kenapa tiba-tiba bicara soal ikan tilapia? Sebab sekarang bulan puasa dan kalau kamu mau berbuka puasa dengan menu yang enak sekaligus bernutrisi tinggi, kamu bisa pertimbangkan untuk makan ikan.

Namun, pengolahan ikan menjadi berbagai pilihan menu, membutuhkan jenis ikan yang tepat. Sebut saja ikan bandeng yang paling enak kalau digoreng. Sementara kamu yang menyukai menu bakar, ikan kue adalah pilihan yang paling pas.

Nah, hanya beberapa jenis ikan tetap lezat saat diolah menjadi berbagai macam menu. Salah satunya adalah ikan tilapia. Tidak hanya mudah diperoleh, ikan ini juga mudah dimasak, tinggi protein dan rendah lemak. Ikan ini juga kadar airnya lebih rendah dibandingkan ikan dori misalnya. Sehingga saat digoreng, tilapia tak mudah hancur.

Cerita tentang ikan ini sendiri bisa merujuk sampai ke zaman purba lho. Dikutip dari berbagai sumber, pembudidayaan ikan ini sudah dimulai sejak zaman Mesir kuno. Gambar ikan ini bahkan masuk dalam aksara hieroglif Mesir. Ikan tilapia juga termasuk jenis ikan utama yang banyak ditangkap nelayan di Danau Galilea pada zaman Alkitabiah. Waktu itu disebut dengan ikan musht.

Ikan ini tumbuh dengan cepat dan mudah beradaptasi, sehingga ia banyak dibudidayakan di berbagai tempat di Asia, termasuk di Indonesia. Salah satu produsen tilapia adalah Regal Springs, yang pertama kali membudidayakan ikan tilapia di salah satu danau di Jawa Tengah pada 1988, selanjutnya di Danau Toba, dengan teknologi jaring apung. Sebanyak 90 persen produk tilapia dari Indonesia diekspor ke luar negeri. Kini, Regal Springs memperluas pemasarannya di Indonesia.

Satu hal yang menarik dari ikan tilapia ini adalah bebas dari bau tanah (muddy flavor). Kamu tahu, bau tanah adalah salah satu faktor yang bikin orang malas makan ikan air tawar. Jadi, tertarik coba ikan tilapia sebagai menu berbukamu hari ini?

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: