Press "Enter" to skip to content
Image by alex4663 from Pixabay

Ini Alasan Mengapa Kita Berlari Sambil Menekuk Lengan

Kalau kita berjalan atau berlari, yang aktif dan mengeluarkan tenaga adalah kaki. Tapi biasanya tangan juga ikut berayun. Nah, khusus untuk berlari, biasanya saat kita berlari, tangan kita tak hanya berayun tapi juga menekuk. Mengapa begitu?

Ternyata, menurut sebuah riset yang diterbitkan di Journal of Experimental Biology, baru-baru ini, diketahui bahwa ketika lengan ditekuk sambil berayun akan lebih hemat energi ketimbang berlari dengan tangan dalam posisi lurus saja.

Lengan yang ditekuk memiliki busur yang lebih pendek daripada lengan lurus. Lengan yang ditekuk membutuhkan lebih sedikit energi untuk berayun ke depan dan ke belakang dan menjadi lebih efisien saat berlari. Kalau lebih hemat energi, mengapa kita tak menekuk lengan saat berjalan lambat?

Untuk mencari jawabannya, para peneliti mengamati gerakan delapan orang, empat pria dan empat perempuan, di treadmill. Ketika mereka berjalan dan berlari, yang kemudian menampakkan gerakan tangan yang mengayun baik lurus maupun menekuk, peneliti menggunakan kamera infra merah dan software penangkap gerakan, untuk merekam pergerakan mereka dan mencitrakan tubuh para subyek penelitian ke dalam model digital 3D.

Dua pekan kemudian, para subyek penelitian mengulangi aktivitas mereka dan kali ini mereka menggunakan masker nafas supaya peneliti bisa mengumpulkan data metabolisme mereka yang akan menggambarkan penggunaan energinya. Ketika para subyek berlari dengan tangan lurus, mereka melaporkan perasaan aneh. Tapi tidak ada perbedaan dalam hal efisiensi energi, baik ketika lengan mereka ditekuk atau lurus.

Tapi, ketika para subyek berjalan dengan lengan ditekuk, pengeluaran energi mereka meningkat 11 persen. Rupanya mereka butuh lebih banyak usaha untuk mempertahankan lengan tetap tertekuk saat berjalan dalam kecepatan rendah. Eksperimen ini menyingkapkan mengapa kita secara alami akan berjalan dengan lengan mengayun lurus. Tapi yang masih belum jelas adalah, mengapa saat berlari lengan harus ditekuk?

Penelitian lain pada 2014, seperti dikutip dari Live Science, menyatakan bahwa mengayunkan tangan saat berlari membutuhkan energi. Sebab, ayunan lengan akan mengurangi gerakan torso. Membuat tangan tak berayun saat berlari justru butuh lebih banyak energi lagi.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: