Press "Enter" to skip to content

Menunggu Keterwakilan Papua dalam Kabinet Baru Jokowi

Presiden terpilih Pilpres 2019, Joko Widodo dikenal sangat mencintai Papua, sudah banyak program pembangunan yang dijalankan di pegunungan tengah Papua, di antaranya jalan Trans Papua serta BBM satu harga. Sehingga dalam Pilpres 2019, mayoritas penduduk pegunungan tengah Papua memilih capres Joko Wododo.
Disarankan presiden terpilih dalam menyusun kabinet, perlu memperhatikan keterwakilan rakyat Papua dalam kabinet mendatang, terutama dari pegunungan tengah Papua.

Pegunungan tengah Papua memiliki 10 kabupaten, dalam budayanya penduduk pegunungan tengah Papua, mengenakan koteka dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Seperti diketahui, generasi berbudaya koteka Papua, keintelektualannya sudah tidak diragukan lagi. Di antara mereka ada yang juara olimpiade Sains, bahkan ada yang menjadi pilot.
Secara tradisional, kepemimpinan mereka sudah teruji, bagi yang pintar serta mampu berdiplomasi, akan dihormati banyak orang dan dijadikan sebagai kepala suku.
Dengan adanya generasi Papua berbudaya koteka menjadi anggota kabinet maka pembangunan di Papua akan terkawal dan terpantau dengan baik, baik itu pembangunan fisik, SDM serta pemajuan kebudayaan.
Seperti diketahui, generasi muda pegunungan Papua saat ini, sudah tidak mau mengenakan koteka lagi.
Penunjukan salah satu dari generasi Papua berbudaya koteka sebagai menteri, tentu akan mengangkat harga diri dan rasa bangga terhadap budaya mereka.

Penulis: Hari Suroto (arkeolog tinggal di Jayapura) Bisa dihubungi di Instagram: @surotohari

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: