Press "Enter" to skip to content

Meneliti Peneliti, Melibatkan Mahasiswa dalam Penelitian

Tergabung dalam riset tentang kerentanan rumah tangga di Jayapura, mahasiswa kelas PPL I Antropologi Universitas Cenderawasih langsung terlibat di lapangan bersama dengan beberapa peneliti dan dosen. Keterlibatan mereka merupakan bentuk praktis dari mata kuliah kelas yang diusung yakni Praktek Penelitian Lapangan I.

Mengingat seriusnya riset ini, keterlibatan mahasiswa hanya terbatas pada latihan untuk observasi sekaligus mencatat detail informasi ada. Salah satu manfaat utama keterlibatan mereka dalam riset bersama dosen dan peneliti secara langsung adalah diperolehnya gambaran awal bagaimana kerja antropolog secara langsung, di mana dalam kelas mereka hanya bisa berangan-angan lewat materi perkuliahan.

Di lapangan atau dalam antropologi seringkali disebut on the field, mahasiswa belajar langsung dengan mengamati para peneliti yang mengumpulkan informasi. Peneliti tersebut antara lain Aldo, Anis, Hernung, Ana dan terakhir adalah dosen Ichsan.

Beberapa mahasiswa mengaku senang dengan mengikuti riset ini, “Saya senang mengikuti riset ini karena bisa secara langsung bertatap muka dengan masyarakat, saya meneliti peneliti artinya saya mengamati cara-cara meneilit dari para antropolog itu,” ujar Arnold.

“Saya memeroleh ilmu yang tidak saya peroleh di kelas perkuliahan, bisa belajar langsung kepada kaka Dosen dan kaka peneliti tentang cara survey dan wawancara,” ucap Melki.

Selain keduanya sementara ini ada juga Rendo, Roi, Jacklin, dan Ivanka mahasiswa semester V Antropologi UnCen yang mengikuti kegiatan ini.

Harapannya, ke depan lebih banyak mahasiswa yang terlibat, juga ada kerjasama antar kolega dosen dari berbagai disiplin ilmu. Ini sangat bermanfaat, utamanya adalah mengharumkan nama baik antropologi dan FISIP Universitas Cenderawasih dengan kegiatan akademis yang bermutu.

Penulis: Ichsan Rahmanto (dosen Antropologi Universitas Cenderawasih, Papua) Bisa dihubungi di Instagram: @ichsanrahmanto

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: