Press "Enter" to skip to content

Mengenal Potensi Kelautan Sarmi

Sarmi yang terletak di pesisir utara Papua, memiliki potensi sumber daya alam yang luar biasa dan belum mendapat perhatian secara serius. Selain panorama alam yang indah, sumber daya alam laut yang kaya, juga budaya berikut kearifan lokal yang masih terjaga.

Kebudayaan dan keindahan alam pesisir utara Papua bisa menjadi komoditas andalan paket pariwisata, untuk menghidupkan sektor ekonomi kreatif di Kawasan Pesisir Pantai. Karena itu, pentingnya masyarakat adat untuk bangkit dan membangun berbasiskan kearifan-lokal yang ada.

Sektor pariwisata dan budaya di pesisir utara Papua perlu dilestarikan, dipertahankan dan dijadikan komoditas yang memiliki nilai jual yang tinggi. Pemerintah Kabupaten Sarmi perlu lebih serius lagi menggarap potensi lautan, sesuai dengan Visi Misi Presiden Jokowi yakni mengangkat Potensi Bahari dan menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Sebagai wilayah pesisir, Sarmi menjanjikan untuk dikembangkan potensi jasa kelautannya. Sarmi juga dikenal dengan sebutan kota ombak. Gelombang ombak sangat bagus untuk dijadikan sebagai olah raga surfing, terutama di Pulau Liki. Pantai di Pulau Liki sangat putih dan halus. Berdasarkan diskusi dengan masyarakat setempat, sudah beberapa kali turis asing datang ke Pulau Liki dan Pulau Armo untuk melakukan surfing. Terumbu karang yang masih terjaga karena masyarakat yang masih mempertahankan kearifan lokal dalam menjaga laut, sangat bagus untuk wisata bawah laut seperti snorkeling dan diving.

Penulis: Hari Suroto (arkeolog, tinggal di Jayapura) Bisa dihubungi di Instagram: @surotohari

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Mission News Theme by Compete Themes.
%d blogger menyukai ini: