Press "Enter" to skip to content

ACEX 2020, Cara Siswa SMP Labschool Satukan Hati

Jumat, 17 Januari 2020. Areal sekolah SMP Labschool ramai bukan main pagi itu. Rupanya sekolah ini sedang memulai perhelatan akbar tahunan mereka, yaitu ACEX. Buat kamu yang baru tahu, ACEX ini kependekan dari Art, Culture, and Sport Exhibition. Ini merupakan event tahunan SMP Labschool Kebayoran, Jakarta, dengan panitia dari para siswa Angkatan 18 di bawah bimbingan guru mereka. Acara ini digelar mulai 17 Januari 2020 sampai dengan 8 Februari 2020.

Kalau melihat penyelenggaraan acara ini dari tahun ke tahun, bisa dibilang ini acara besar bahkan bertaraf internasional. Soalnya, selain mengundang siswa-siswi dari sekolah lain untuk beranjangsana atau bertanding dalam bidang seni, kebudayaan, dan olahraga, mereka juga mengundang duta-duta besar atau utusan negara sahabat ke salah satu acara mereka, yaitu International Day. Keren ya.

Pembukaannya sendiri berjalan lancar. Diisi berbagai kegiatan menarik, seperti pagelaran tarian tradisional dan flash mob yang dilakukan oleh para siswa sekolah itu. Prof. Dr. Achmad Sofyan Hanif M. pd., Kepala BPS (Badan Pengelola Sekolah) Labschool YP-UNJ, memuji kreativitas anak-anak didiknya dalam penyelenggaraan ACEX 2020 saat ini. “Semoga keseluruhan ACEX akan berjalan dengan lancar tanpa kendala serta sukses,” katanya, saat ditemui kru Majalah Flash, majalah terbitan SMP Labschool.

Achmad memuji usaha keras panitia sehingga ACEX 2020 mencatatkan pencapaian yang patut dipuji. Misalnya, jumlah sekolah lain yang ikutan naik sampai dua kali lipat dibandingkan ACEX tahun-tahun sebelumnya. Panitia juga berhasil mendatangkan sponsor sehingga acara bisa berjalan dengan lancar dengan dukungan dana yang mencukupi. Dan yang lebih penting, kata dia, adalah: “Acara ini sangat menunjukkan kinerja siswa SMP dan kemampuan mereka dalam membagi waktu, antara mengurus acara angkatan dan kegiatan akademik mereka.”

Sang kepala sekolah salut kepada para panitia yang meski sangat sibuk, kadang ketinggalan pelajaran, masih bisa mengejar sehingga nilai akademik mereka tetap terjaga baik. Tak kurang juga kekompakan panitia dan dukungan orang tua menjadi bagian penting sehingga pembukaan ACEX berjalan lancar, ramai, meriah, dan diharapkan berjalan lancar sampai akhir.

Ketua Panitia ACEX 2020 Anisah Fadilah mengatakan ACEX 2020 akan menyelenggarakan kegiatan seperti kompetisi basket, badminton, dan fustal, kegiatan akademik seperti social science dan matematika. Sementara di bidang seni akan ada lomba solo singer sampai dengan fashion show. Tak ketinggalan acara International Day yang akan digelar besok, Jumat (31/1).

“ACEX merupakan kegiatan tahunan dan seperti yang sudah saya sampaikan saat pembukaan, ACEX bukan hanya sekedar kompetisi tapi juga digunakan untuk menjalin persahabatan,” kata Nisa, begitu ia akrab dipanggil. Acara ini memiliki jangkauan peserta sampai seputaran Jabodetabek. Oleh sebab itu, mereka sudah melakukan persiapkan jauh-jauh hari, yakni sejak November 2019 saat panitia mulai dibentuk.

Nisa mengakui, dalam prosesnya tidak selalu berjalan mulus. Naik dan turun. Tapi itu lumrah ya, yang penting pada saat penyelenggaraan semua berjalan dengan lancar.

Adapun Wakil Ketua Panitia ACEX 2020 M. Aydin Zidhan mengatakan kegiatan-kegiatan yang banyak menarik perhatian siswa dan undangan dari sekolah lain adalah kompetisi olahraga dan International Day, serta acara penutupan yang biasanya dipakai untuk memberikan penghargaan bagi para pemenang dari berbagai kompetisi. “Menurut saya ACEX dibuat untuk memperkuat angkatan karena tidak mungkin untuk acara besar seperti ACEX untuk dijalankan beberapa orang saja, selain itu ACEX dapat meningkatkan kerja sama antar angkatan, karena perlu menjaga kondusivitas dan ketertiban dari angkatan kelas 7-9,” katanya bijak.

Reporter: Yarra Salsabila Rania N. | Selaksa Alun 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: